PENGARUH TERPAAN BERITA ONLINE PERDAMAIAN SUPORTER DI PORTAL RADARSOLO.JAWAPOS.COM TERBITAN OKTOBER 2022 TERHADAP DUKUNGAN SOSIAL PANSER BIRU KORWIL BOYOLALI

Wardah, Syifa' Saila (2023) PENGARUH TERPAAN BERITA ONLINE PERDAMAIAN SUPORTER DI PORTAL RADARSOLO.JAWAPOS.COM TERBITAN OKTOBER 2022 TERHADAP DUKUNGAN SOSIAL PANSER BIRU KORWIL BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SYIFA' SAILA WARDAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA' SAILA WARDAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA' SAILA WARDAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wardah, Syifa’ Saila. 2023. Pengaruh Terpaan Berita Online Perdamaian Suporter di Portal Radarsolo.jawapos.com Terbitan Oktober 2022 Terhadap Dukungan Sosial Panser Biru Korwil Boyolali. Skripsi. Pembimbing: Reza Ahmadiansyah, M.Si. Kata Kunci: terpaan, berita online, dukungan sosial. Terpaan adalah suatu penggunaan media oleh khalayak yang mencakup berapa lama waktu yang dihabiskan untuk mengakses berbagai media, jenis konten yang dikonsumsi, dan jenis media yang digunakan. Terpaan melalui media baru adalah kondisi di mana audiens menerima informasi melalui media digital atau komunikasi massa yang disebut juga sebagai media baru Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui (1) terpaan berita online perdamaian suporter terhadap dukungan sosial Panser Biru Korwil Boyolali, (2) mengetahui besarnya pengaruh dari terpaan berita online perdamaian suporter terhadap dukungan sosial Panser Biru Korwil Boyolali. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 110 anggota dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan model probability sampling dengan jenis random sampling terhadap anggota Panser Biru Boyolali, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 55 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji R2 atau Koefisien Determinasi dengan menggunakan IBM SPSS versi 29 untuk mengetahui pengaruh dari terpaan berita online perdamaian suporter terhadap dukungan sosial Panser Biru Korwil Boyolali. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti yaitu terbukti bahwa adanya pengaruh terpaan berita online perdamaian suporter terhadap dukungan sosial Panser Biru Korwil Boyolali. Karena berdasarkan hasil yang diperoleh membuktikan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan hipotesa H0 ditolak. Artinya terdapat dampak signifikan antara terpaan berita (X) terhadap dukungan sosial (Y). Terbukti bahwa adanya besar pengaruh terpaan berita terhadap dukungan sosial Panser Biru Korwil Boyolali. Karena nilai koefisien determinasi/R Square adalah 0,260 atau sama dengan 26,0%. Hasil tersebut memiliki arti yang mana variabel X mampu mempengaruhi variabel Y sebesar 26,0%. Dan untuk hubungan antar dua variabel terpaan berita dengan dukungan sosial tergolong kuat dengan nilai 0,510 karena lebih dari kategori kuat yakni 0,5.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 18:24
Last Modified: 16 Oct 2023 18:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18206

Actions (login required)

View Item View Item