PEMBINAAN KETAATAN BERIBADAH MAHDHAH DAN KESETIAKAWANAN SOSIAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

Amali, Nisa Azmi (2023) PEMBINAAN KETAATAN BERIBADAH MAHDHAH DAN KESETIAKAWANAN SOSIAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NISA AZMI AMALI (23010190331) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM S1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NISA AZMI AMALI (23010190331) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM S1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pembinaan ketaatan beribadah mahdhah pada siswa; 2. Pembinaan kesetiakawanan sosial pada siswa; 3. Faktor pendukung dan penghambat pembinaan ketaatan beribadah mahdhah pada siswa; 4. Faktor pendukung dan penghambat pembinaan kesetiakawanan sosial pada siswa SMP Negeri 6 Salatiga tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang penulis gunakan diantaranya yaitu, sumber primer yakni sumber data yang diperoleh melalui wawancara dan sumber sekunder diperoleh melalui dokumentasi berkaitan dengan foto kegiatan, buku dan dokumen. Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini penunjukkan bahwa: 1. Pembinan ketaatan beribadah mahdhah di SMP Negeri 6 Salatiga melalui kegiatan berwudhu (thaharah), sholat dhuha, sholat dzuhur, sholat jum’at yang dilakukan berjamaah dan pesantren ramadhan di bulan puasa. Strategi yang dilakukan seperti memberi petunjuk, menanamkan dalam jiwanya ketakwaan dan beribadah kepada Allah Swt. dan mendidik peserta didik untuk dekat dengan Allah SWT dalam segala aktivitas dan situasi. Dampaknya seperti tingkah laku siswa, lebih disiplin dalam beribadah dan memiliki pemahaman mengenai ibadah mahdhah. 2. Pembinaan kesetiakawanan sosial di SMP Negeri 6 Salatiga melalui kegiatan jum’at religi, jum’at bersih, sabtu sehat, ekstrakurikuler baca tulis al-Qur’an dan seni kerohanian Islam (ekstrakurikuler BTQ dan SKI), menjenguk teman yang sakit, mengikuti pawai saat perayaan hari besar Islam dan takziah. Strategi yang dilakukan seperti belajar bertindak sesuai dengan norma yang ada (moralitas), bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan, dan mengembangkan sikap sosial. Dampaknya perubahan tingkah laku siswa menjadi lebih baik, melatih kerja sama dan rasa persaudaraan meningkat. 3. Faktor pendukung pembinaan ketaatan beribadah mahdhah adalah adanya kerjasama yang baik antar guru, pemimpin dan siswa, sarana dan prasarana, serta lingkungan keluarga. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor tempat atau daya tampung, fasilitas air, kurangnya kesadaran peserta didik dan pergaulan siswa. 4. Faktor pendukung pembinaan kesetiakawanan sosial adalah kesadaran peserta didik sebagai makhluk sosial, peran orang tua dan guru serta faktor lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kepribadian siswa, latar belakang keluarga siswa, dan pergaulan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 19:02
Last Modified: 16 Oct 2023 19:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18210

Actions (login required)

View Item View Item