EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA SMP IT NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kurniati, Anis Afifah (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA SMP IT NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ANIS AFIFAH KURNIATI_23070190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANIS AFIFAH KURNIATI_23070190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANIS AFIFAH KURNIATI_23070190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANIS AFIFAH KURNIATI_23070190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANIS AFIFAH KURNIATI_23070190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANIS AFIFAH KURNIATI_23070190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANIS AFIFAH KURNIATI_23070190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANIS AFIFAH KURNIATI_23070190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANIS AFIFAH KURNIATI_23070190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANIS AFIFAH KURNIATI_23070190036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANIS AFIFAH KURNIATI_23070190036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kurniati, Anis Afifah. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa SMP IT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negri Salatiga. Dosen Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Computational Thinking, Bangun Ruang Sisi Datar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata skor akhir terhadap kemampuan computational thinking antara siswa SMP yang mendapat pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang mendapat pembelajaran Problem Solving (PS), dan peningkatan kemampuan computational thinking siswa SMP yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitianَّ iniَّ merupakanَّ penelitianَّ kuantitatifَّ denganَّ metodeَّ “pretestposttest control design”.َّ Variabelَّ bebasَّ dalamَّ penelitianَّ iniَّ adalahَّ modelَّ pembelajaran Problem Based Learning (PBL), sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan computational thinking siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar siswa SMP IT Nidaul Hikmah Salatiga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Nidaul Hikmah Salatiga. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes (pretest dan posttest). Teknik Analisis data menggunakan 2 tahap yaitu analisis data tahap awal yang berisikan uji normalitas, homogenitas, dan uji keadaan awal. Selanjutnya, analisis data tahap akhir yang berisikan uji normalitas, uji homogenitas dan uji Independent Sample T test berbantuan IBM SPSS Statistic versi 26. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan computational thingking kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) pada uji Independent Sample T test. Dan didukung dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 75,14 yang lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol yaitu sebesar 58,32. Selain itu terdapat peningkatan kemampuan computational thinking siswa yang menerapkan model pembelajaran PBL dengan hasil uji effect size sebesar 1,1 berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL efektif dalam peningkatan kemampuan computational thinking siswa SMP IT Nidaul Hikmah Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 19:24
Last Modified: 16 Oct 2023 19:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18212

Actions (login required)

View Item View Item