Pembinaan Ketaatan Beribadah dan Sikap Amanah Pada Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Huda Blotongan Salatiga Tahun 2023

Shodiqin, Ridhwan Ali (2023) Pembinaan Ketaatan Beribadah dan Sikap Amanah Pada Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Huda Blotongan Salatiga Tahun 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RIDHWAN ALI SHODIQIN 23010190226 Edisi Revisi 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
RIDHWAN_ALI_SHODIQIN_23010190226_Edisi_Revisi_4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
RIDHWAN_ALI_SHODIQIN_23010190226_Edisi_Revisi_4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
RIDHWAN_ALI_SHODIQIN_23010190226_Edisi_Revisi_4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
RIDHWAN_ALI_SHODIQIN_23010190226_Edisi_Revisi_5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
RIDHWAN_ALI_SHODIQIN_23010190226_Edisi_Revisi_5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
RIDHWAN_ALI_SHODIQIN_23010190226_Edisi_Revisi_5.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Shodiqin, Ridhwan Ali. 2023. Pembinaan Ketaatan Beribadah dan Sikap Amanah pada Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Huda Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Badrus Zaman, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembinaan, Ketaatan Beribadah, Sikap Amanah. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: 1). Mendeskripsikan pembinaan ketaatan beribadah pada santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Huda. 2). Menganalisis faktor pendukung dan penghambat pembinaan ketaatan beribadah pada santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Huda. 3). Mendekripsikan pembinaan sikap amanah pada santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Huda. 4). Menganalisis faktor pendukung dan penghambat pembinaan sikap amanah pada santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Huda. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dan bersifat deskriprif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan tahap tiga langkah, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Serta dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Subjek penelitian ini adalah pengasuh, pengurus, dan santri pondok pesantren mahasiswa Nurul Huda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1.) Pembinaan ketaatan beribadah santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Huda Blotongan Kota Salatiga berjalan sesuai visi misi, dengan melalui penerapan program kegiatan di lingkungan pesantren. 2). Faktor pendukung pembinaan ketaatan beribadah seperti: dukungan dan kerjasama pengasuh dan pengurus, kesadaran dan keinginan santri mengikuti pembinaan ketaatan beribadah, dan peran pengurus dalam menjaga aturan yang berlaku di dalam pesantren. Sedangkan faktor penghambat pembinaan ketaatan beribadah jadwal kuliah para santri berbeda-beda, kurangnya managemen waktu dari sebagian santri, terlibat dalam kegiatan di luar pondok pesantren. 3). Pembinaan sikap amanah santri di pondok pesantren mahasiswa Nurul Huda Blotongan kota Salatiga menjadi lebih baik dengan penerapan program yang dilakukan sesuai dengan tujuan pembinaan 4). Faktor pendukung pembinaan sikap amanah seperti: dukungan dari pengasuh, penerapan tata tertib, kerjasama pengurus, dan santri, kesadaran diri melaksanakan program pembinaan sikap sosial. Sedangkan faktor penghambat pembinaan sikap sosial seperti: berbedanya latar belakang yang dimiliki santri dan kurangnya konsistensi santri, serta kurangnya pengawasan pengurus.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 20:20
Last Modified: 16 Oct 2023 20:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18219

Actions (login required)

View Item View Item