PELAKSANAAN PENDAYAGUNAAN ZAKAT UNTUK USAHA PRODUKTIF DAN KEWAJIBAN MUSTAHIK PRESPEKTIF PERMENAG RI NO.52 TAHUN 2014 (Studi Kasus BAZNAS Kota Salatiga)

, Fadhilah Mei Isa Rosalia (2023) PELAKSANAAN PENDAYAGUNAAN ZAKAT UNTUK USAHA PRODUKTIF DAN KEWAJIBAN MUSTAHIK PRESPEKTIF PERMENAG RI NO.52 TAHUN 2014 (Studi Kasus BAZNAS Kota Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FADHILAH MEI ISA ROSALIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fadhilah Mei Isa Rosalia.2023. Pelaksanaan Pendayagunaan Zakat Untuk Usaha Produktif Dan Kewajiban Mustahik Prespektif PERMENAG RI No.52 Tahun 2014.Skripsi. Hukum Ekonomi Syari’ah. Fakultas Syari’ah.Universitas Islam Negeri( UIN ) Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Ahmad Sultoni, M.Pd. Kata Kunci : Pendayagunaan, Zakat, Usaha Produktif Pendayagunaan zakat di Salatiga dilakukan melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Salatiga, BAZNAS Kota Salatiga bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat di tingkat Kota Salatiga namun dalam pelaksanaanya orang yang di berikan bantuan zakat produktif tidak berkembang karena tidak adanya bentuk usaha dari penerima bantuan sehingga dalam pemberian zakat produktif guna memaksimalkan pendayagunaan zakat produktif di kota salatiga tidak maksimal, oleh karena itu peneliti ingin meneliti mengenai Bagaimana pelaksanaan pendayagunaan zakat untuk usaha produktif di BAZNAS Kota Salatiga,Bagaimana pelaksanaan pedayagunaan prespektif PERMENAG RI No.52 Tahun 2014 di BAZNAS Kota Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan Pendekatan yuridis empiris. Sumber Data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data, kemudian penulis menganalisa data menggunakan metode analisis, Reduksi data, display dan penentuan kesimpulan. Peneliti menggunakan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian yang disusun peneliti menunjukan bahwa Pendayagunaan zakat produktif merupakan pendekatan yang menjanjikan dalam memanfaatkan dana zakat untuk menciptakan manfaat ekonomi jangka panjang bagi penerima zakat. Konsep ini menggeser fokus dari pemberian bantuan semata menjadi investasi dalam pengembangan keterampilan, pelatihan, dan usaha produktif. Dengan pendekatan ini, zakat dapat berperan sebagai alat yang lebih efektif dalam mengurangi tingkat kemiskinan secara berkelanjutan.Pendayagunaan Zakat Produktif Presfektif PERMENAG RI No. 52 Tahun 2014 dapat di simpulkan bahwa kerja Baznas telah sesuai dengan pasal pasal yang mengatur program tersebut dengan catatan dalam pelaksaan yang dialami Baznas adalah kurangnya sumber daya manusia sehingga tidak mampu mencakup keseluruhan Mustahik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 20:29
Last Modified: 16 Oct 2023 20:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18220

Actions (login required)

View Item View Item