PENGARUH TINGKAT LITERASI KESEHATAN MENTAL TERHADAP TINGKAT SELF DIAGNOSE DI MEDIA SOSIAL PADA IBU-IBU MUDA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2023

mawarsari, Winda (2023) PENGARUH TINGKAT LITERASI KESEHATAN MENTAL TERHADAP TINGKAT SELF DIAGNOSE DI MEDIA SOSIAL PADA IBU-IBU MUDA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Winda Mawarsari SKRIPSI 2023..pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat literasi kesehatan mental terhadap tingkat self diagnose di media sosial pada ibu-ibu muda yang memiliki anak berkebutuhan khusus di kota Surakarta tahun 2023. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Responden dalam penelitian ini adalah ibu-ibu muda yang memiliki anak berkebutuhan khusus berjumlah 55 orang, yang diambil dengan metode purposive sampling dari populasi 264 orang. Analisis data yang didapatkan dari penelitian menggunakan rumus regresi linear sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima yaitu adanya pengaruh tingkat literasi kesehatan mental terhadap tingkat self diagnose di media sosial pada ibu-ibu muda yang memiliki anak berkebutuhan khusus di kota Surakarta. Hasil variasi tingkat literasi kesehatan mental yaitu sebesar 6 ibu-ibu muda (10,9%) tergolong rendah, 38 ibu-ibu muda (69,1%) tergolong sedang, dan sebanyak 11 ibu-ibu muda (20%) yang tergolong tinggi. Berdasarkan hasil variasi tingkat self diagnose yaitu sebesar 7 ibu-ibu muda (12,7%) tergolong rendah, 40 ibu-ibu muda (72,7%) dalam kategori sedang, dan sebanyak 8 mahasiswa (14,5%) tergolong tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada output tabel 4.14, nilai Sig sebesar 0,000 di mana nilai ini lebih kecil dari nilai 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat Literasi Kesehatan Mental terhadap tingkat Self Diagnose di media sosial pada ibu-ibu muda yang memiliki anak berkebutuhan khusus di kota Surakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 20:49
Last Modified: 16 Oct 2023 20:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18224

Actions (login required)

View Item View Item