PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN REGULASI DIRI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA SMA N 1 TENGARAN

Khasanah, Ragil Putri Nur (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN REGULASI DIRI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA SMA N 1 TENGARAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RAGIL PUTRI 43040190183.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI RAGIL PUTRI 43040190183.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI RAGIL PUTRI 43040190183.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI RAGIL PUTRI 43040190183.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI RAGIL PUTRI 43040190183.pdf

Download (6MB)

Abstract

Khasanah, Ragil Putri Nur. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok dan Regulasi Diri terhadap Interaksi Sosial pada Siswa SMA N 1 Tengaran. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Avin Wimar Budyastomo, M. Kom. Kata kunci: penggunaan media sosial Tiktok; regulasi diri; interaksi sosial siswa Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Interaksi Sosial pada Siswa SMA N 1 Tengaran. (2) Mengetahui pengaruh Regulasi Diri terhadap Interaksi Sosial pada Siswa SMA N 1 Tengaran. (3) Mengetahui pengaruh Media Sosial TikTok dan Regulasi Diri terhadap Interaksi Sosial pada Siswa SMA N 1 Tengaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda dan dengan menggunakan pendekatan kausalitas. Penelitian ini menggunakan sampel yang terdiri dari 92 siswa SMA N 1 Tengaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Penggunaan Media Sosial TikTok, Regulasi Diri dan Interaksi Sosial. Hasil penelitian menunjukkan (1) Media Sosial TikTok (X1) memiliki nilai signifikansi 0,040<0,05. Nilai Thitung menunjukkan lebih besar dari Ttabel yaitu 2,080>1,987. Dari hasil perhitungan tersebut maka Media Sosial TikTok memiliki pengaruh positif dan efektif bagi Interaksi Sosial pada Siswa SMA N 1 Tengaran. (2) Regulasi Diri (X2) memiliki tingkat signifikansi 0,000<0,05. Tingkat Thitung menunjukkan lebih besar dari Ttabel yaitu 5,124 > 1,987. Dari hasil perhitungan tersebut maka regulasi diri memiliki pengaruh positif dan efektif bagi interaksi sosial pada Siswa SMA N 1 Tengaran. Hasil signifikan Interaksi Sosial (Y) memiliki nilai sebesar 0,00 < 0,05. Hasil perhitungan nilai Fhitung menunjukkan lebih besar dari Ftabel yaitu 14,018 > 3,95. Berdasarkan perhitungan, maka dapat disimpulkan bahwa variabel Media Sosial TikTok dan Regulasi Diri bekerjasama memiliki dampak positif dan efektif terhadap Interaksi Sosial pada Siswa SMA N 1 Tengaran. Jika dilihat dari hasil perhitungan koefisien determinasi Penggunaan Media Sosial TikTok dan Regulasi Diri diperoleh hasil nilai RSquare sebesar 0,240, maka berkesimpulan bahwa sumbangan pengaruh variabel bebas (Penggunaan Media Sosial TikTok dan Regulasi Diri) terhadap variabel terikat (Interaksi Sosial) secara simultan (bersama-sama) sebesar 24,0% sisanya yakni 76% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 22:04
Last Modified: 16 Oct 2023 22:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18235

Actions (login required)

View Item View Item