TINJAUAN MAQOSHID AL-SYARIAH TERHADAP JUAL BELI HEWAN TERNAK YANG TERKENA ANTRAKS DENGAN SISTEM BRANDU (Studi Kasusdi Desa Candirejo, Semenu, Gunungkidul)

, Siti aniq lihmawati (2023) TINJAUAN MAQOSHID AL-SYARIAH TERHADAP JUAL BELI HEWAN TERNAK YANG TERKENA ANTRAKS DENGAN SISTEM BRANDU (Studi Kasusdi Desa Candirejo, Semenu, Gunungkidul). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI ANIQ LIHMAWATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lihmawati, Siti Aniq. Tinjauan Maqashid Syariah Terhadap Jual Beli Dengan Sistem Brandu Di Desa Candirejo, Semanu, Gunungkidul. Skripsi Fakultas Syariah, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Nor Muhammad Abdoeh, M.H. Kata kunci: maqashid syariah, Jual Beli, Brandu, Antraks. Dalam jual beli hewan ternak di Desa Candirejo, Semanu, Gunungkidul menerapkan sistem brandu, brandu sudah diterapkan sejak dahulu kala faktanya tidak ada resiko yang terjadi, fenomena pada akhir-akhir ini yang terjadi di Desa Candirejo dari proses kebiasaan itu memunculkan adanya penyakit setelah mengkonsumsi daging tersebut, setelah fenomena seperti itu penulis merasa ingin menguat sejatinya menurut maqashid al-syariah. Dari latar belakang tersebut penulis merumuskan permasalahan yaitu Bagaimana Praktek Jual Beli Dengan Sistem Brandu Di Desa Candirejo, Semanu, Gunungkidul? Dan Bagaimana Tinjauan Maqashid Al-Syariah Dalam Jual Beli Dengan Sistem Brandu Di Desa Candirejo, Semanu, Gunungkidul? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis. Teknik pengecekan keabsahan data adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa jual beli dengan sistem brandu adalah memperjualbelikan hewan yang sakit hal ini bertujuan tidak lain yaitu untuk kegiatan tolong menolong sesama masyarakat. Hasil dari pencapaian maqashid al-syariah bahwa tradisi jual beli dengan sistem brandu ini belum sesuai dengan maqashidal-syariah yaitu khususnya penjagaan terhadap jiwa (hifz nafs).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 22:14
Last Modified: 16 Oct 2023 22:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18237

Actions (login required)

View Item View Item