EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEOSCRIBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA

, Sari Istiqomah (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEOSCRIBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SARI ISTIQOMAH 23070190026.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI SARI ISTIQOMAH 23070190026.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI SARI ISTIQOMAH 23070190026.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI SARI ISTIQOMAH 23070190026.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI SARI ISTIQOMAH 23070190026.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam belajar statistika dengan menggunakan videoscribe dan media powerpoint. Selain itu, untuk mengetahui apakah penggunaan videoscribe efektif terhadap minat belajar siswa pada materi statistika kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan metode quasi eksperimental dengan nonequivalent control group design. SMP Islam Sudirman Ambarawa kelas VIII adalah populasi penelitian ini. Peneliti menggunakan pendekatan purposive sampling untuk mengumpulkan sampel dari dua kelas. Kelas eksperimen VIII A dan VIII C dipilih sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Observasi, dan Kuesioner/angket. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan independent sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan videoscribe dapat membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar terlihat dari 28 siswa mendapatkan nilai rata-rata 60,93 pada pre-test dan 71,79 pada post-test. Sedangkan penggunaan powerpoint kurang membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar terlihat dari 28 siswa kontrol yang memperoleh nilai rata-rata pretest 59,86 dan rata-rata nilai post-test 63,68. Serta observasi peneliti yang memperoleh hasil bahwa kelas eksperimen lebih menunjukkan minat belajar daripada kelas kontrol. Selanjutnya, dilihat dari uji independent sampel t-test memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 0,05 yang menunjukkan H0 tidak diterima dan Ha diterima. Selain itu, thitung menunjukkan lebih besar daripada ttabel yaitu sebesar 5,964 > 1,647. Oleh karena itu,dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan minat belajar antara siswa yang menggunakan videoscribe dan powerpoint dalam pembelajaran statistika. Perbedaan itu dapat dilihat dari nilai post-test kelas eksperimen sebesar 71,79 lebih tinggi dari rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 63,68. Diperkuatkan dengan hasil observasi peneliti yang menunjukkan kelas eksperimen lebih tertarik belajar daripada kelas kontrol. Hal ini berarti penggunaan videoscribe efektif terhadap minat belajar siswa pada materi statistika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 22:35
Last Modified: 16 Oct 2023 22:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18238

Actions (login required)

View Item View Item