PESAN DAKWAH KOMUNITAS JAPASWARA MELALUI MUSIKALISASI PUISI PADA MASYARAKAT DI DESA TAYU WETAN KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI

Putri, Diyah Erimaya (2023) PESAN DAKWAH KOMUNITAS JAPASWARA MELALUI MUSIKALISASI PUISI PADA MASYARAKAT DI DESA TAYU WETAN KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
B5 SKRIPSI Diyah Erimaya Putri_43020190052.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B5 SKRIPSI Diyah Erimaya Putri_43020190052.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B5 SKRIPSI Diyah Erimaya Putri_43020190052.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B5 SKRIPSI Diyah Erimaya Putri_43020190052.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B5 SKRIPSI Diyah Erimaya Putri_43020190052.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Diyah Erimaya. 2023. Pesan Dakwah Komunitas Japaswara Melalui Musikalisasi Puisi Pada Masyarakat Di Desa Tayu Wetan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati, Skripsi, Salatiga : Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing : Dr. Budi Sunarso, M. M.Pd, M.Si Kata Kunci : Pesan Dakwah, Konsep Dakwah Musikalisasi Puisi, Komunitas Japaswara Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya jumlah peminat jama’ah dalam mengikuti kegiatan dakwah musikalisasi puisi yang tidak stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pesan dakwah komunitas japaswara melalui musikalisasi puisi pada masyarakat di Desa Tayu Wetan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Tujuan tersebut diantaranya, 1) Mengetahui konsep pesan dakwah komunitas japaswara melalui musikalisasi puisi pada masyarakat di Desa Tayu Wetan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat komunitas dalam penyampaian pesan dakwah komunitas japas melalui musikalisasi puisi pada Komunitas Japaswara di Desa Tayu Wetan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitataif bersifat filed research dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Komunitas Japaswara. Sedangkan teknis analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Konsep Pesan Dakwah melalui musikalisasi puisi yang dilakukan oleh Komunitas Japaswara tidak berjalan dengan lancar karena minat masyarakat terhadap kegiatan dakwah seni masih sangat minim bahkan mereka banyak yang tidak tahu. 2) Faktor pendukung tetap berdirinya komunitas japaswara diantaranya faktor loyalitas, kedekatan dan kebersamaan komunitas, serta simpati masyarakat. Faktor penghambat berjalannya kegiatan komunitas japaswara yaitu faktor sumber dana, regenerasi dan kaderisasi, dan kurang pemahaman penyampaian isi pesan dan bahasa yang asing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 00:01
Last Modified: 17 Oct 2023 00:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18239

Actions (login required)

View Item View Item