PERAN SOCIAL, HUMANITARIAN AND EMERGENCY RESPONSE (SHER) TRUBUS BINA SWADAYA (TBS) DALAM KOMUNIKASI KEBENCANAAN PASCA GEMPA BUMI DI CIANJUR JAWA BARAT

PRAMESWARI, OKTANIA NURINTA AJI (2023) PERAN SOCIAL, HUMANITARIAN AND EMERGENCY RESPONSE (SHER) TRUBUS BINA SWADAYA (TBS) DALAM KOMUNIKASI KEBENCANAAN PASCA GEMPA BUMI DI CIANJUR JAWA BARAT. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI OKTANIA NURINTA AJI PRAMESWARI 43010190124.pdf

Download (5MB)

Abstract

Prameswari. Oktania Nurinta Aji. 2023. Peran Social, Humanitarian and Emergency Response (SHER) Trubus Bina Swadaya (TBS) Dalam Komunikasi Kebencanaan Pasca Gempa Bumi di Cianjur Jawa Barat. Tahun 2023. Skripsi: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marisa Fran Lina, M.Pd. Kata Kunci: komunikasi kebencanaan Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Social Humanitarian and Emergency Response (SHER) Trubus Bina Swadaya (TBS) dalam komunikasi kebencanan pada saat dan pasca gempa bumi di Cianjur hingga upaya apa yang dilakukan oleh SHER dalam menangani bencana tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif cenderung menggunakan analisis. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dengan ketua SHER dan beberapa staf SHER yang terjun langsung dalam penanganan kebencanaan gempa bumi, dan sumber sekunder nya berupa foto-foto kegiatan yang dilakukan saat komunikasi kebencanaan, profil TBS dan SHER. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, bservasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh SHER terkait kebencanaan pada saat bencana, pasca bencana, hingga upaya yang dilakukan untuk penanganan bencana gempa bumi di Cianjur sudah efektif dan sesuai dengan ketentuan yang ada. Melalui komunikasi kebencanaan ini, masyarakat dapat mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh SHER hingga kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh korban bencana sehingga masyarakat dapat membantu memberikan bantuannya kepada para korban.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:23
Last Modified: 17 Oct 2023 01:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18241

Actions (login required)

View Item View Item