ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL PADA IKLAN GOJEK VERSI TERIMA KASIH DI MEDIA YOUTUBE

Istiqomah, Nurul (2023) ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL PADA IKLAN GOJEK VERSI TERIMA KASIH DI MEDIA YOUTUBE. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NURUL ISTIQOMAH_43010190126.pdf

Download (3MB)

Abstract

Istiqomah, Nurul. 2023. Analisis Semiotika Pesan Moral Pada Iklan Gojek Versi Terima Kasih Di Media Youtube, Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisno, M.Pd.I Kata Kunci : Analisis Semiotika, Pesan Moral, Iklan Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna denotasi, konotasi, dan makna mitos, bagaimana makna pesan moral yang terkandung dalam iklan Gojek versi terima kasih melalui analisis semiotika model Roland Barthes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini peneliti menemukan kesimpulan makna denotasi yang terkandung dalam iklan Gojek versi Terima Kasih ialah representasi aktivitas seorang ibu single parent yang bekerja sebagai driver Gojek di bulan Ramadhan, mesikpun banyak ujian yang harus dihadapi, ibu tetap bekerja keras dan berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga dan penumpangnya. Makna konotasi dari iklan Gojek versi terima kasih yaitu Gojek mengajak masyarakat untuk terus berbuat kebaikan khususnya di bulan Ramadhan. Pada iklan ini, gojek juga mengajarkan bahwa berpuasa bukan hanya sebatas menahan lapar dan haus saja, tetapi juga harus menahan diri dari hal yang membatalkan puasa dan melawan hawa nafsu. Gojek juga menyampaikan pesan, bahwa selama berpuasa di bulan Ramadhan banyak sekali hikmah yang akan kita dapatkan seperti melatih mengenal nikmat, meningkatkan ibadah dan keimanan, menanamkan nilai-nilai sosial dan melatih kesabaran. Kemudian makna mitos yang terdapat pada iklan Gojek versi terima kasih yaitu Islam mengajarkan untuk senantiasa berbuat kebaikan, terutama pada bulan suci Ramadhan. Walaupun seringkali mendapat cobaan dan hambatan, jika dihadapi dengan keikhlasan, kesabaran, dan ketulusan, maka akan mendatangkan hal baik, seperti dilipatgandakan pahala dan Allah SWT akan membantu menyelesaikannya. Pesan moral dalam iklan Gojek versi terima kasih berisi tentang perjuangan dan pengorbanan orang tua, kesabaran, tanggung jawab, amanah, tolong-menolong, menyantuni anak yatim dan ucapan terima kasih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:23
Last Modified: 17 Oct 2023 01:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18242

Actions (login required)

View Item View Item