Mu'minin, Mi'rojul Umil (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V MI MA’ARIF ROWOSARI KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi ftik mirojul umil .pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Mu’minin, Mi’rojul Umil. 2023. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Portofolio terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiayah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Hesti Ariestina, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas Model Portofolio, Motivasi, dan Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi efektivitas penerapan model pembelajaran portofolio terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode True- Experimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini merupakan semua kelas V MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang digunakan merupakan kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 20 dan kelas V-B sebagai kelas kontrol berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non te. Data non-tes ini merupakan angket respon peserta didik dan data tes berupa soal pretest dan posttest yang diuji keabsahannya menggunakn uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji beda soal. Metode pengambilan data yang dengan memberikan soal pretest dan posttest. Teknik analisi data yang digunakan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test (Independent Sampel T-test) dengan bantuan aplikasi SPSS. 25.0. Berdasarkan hasil analisi hasil belajar dengan uji Normalitas data Pretest dan Posttest, kelas eksperimen nilai sig. 0,234 dan kelas kontrol nilai sig. 0,099 yang mana dapat diketahu bahwa nilai tersebut sing > 0,05 dikatahan bersitribusi normal. Berdasarkan motivasi belajar menggunakan uji yang sama diperoleh nilai bahwa nilai Sig. (2-tailed) rhitung 0,000 < rtabel, 0,05 sehingga didapat hasil H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan diterimanya Ha dapat dilihat bahwasanya terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas kontrol dan eksperimen. Didapat hasil bahwa penggunaan model pembelajaran portofolio efektif terhadap motivasi peserta didik pada kelas eksperimen. Sehingga dapat diputuskan bahwa penerapan model pembelajaran portofolio efektif terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS pada kelas V MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten semarang tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 03:07 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 03:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18248 |
Actions (login required)
View Item |