, SITI ALAFIYAH (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI STATISTIKA BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI SITI ALAFIYAH 23070190082.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI SITI ALAFIYAH 23070190082.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI SITI ALAFIYAH 23070190082.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI SITI ALAFIYAH 23070190082.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI SITI ALAFIYAH 23070190082.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI SITI ALAFIYAH 23070190082.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Proses pengembangan bahan ajar materi statistika berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada siswa kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa. 2) Kelayakan pengembangan bahan ajar materi statistika berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada siswa kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa. 3) Kepraktisan pengembangan bahan ajar materi statistika berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada siswa kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa. 4) Efektivitas bahan ajar materi statistika berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada siswa kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Hasil penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan metode penelitian ADDIE. Penelitian ini memiliki lima tahapan yaitu 1) Tahap Analisis (Analysis) 2) Tahap Desain atau perencanaan (Design) 3) Tahap Pengembangan (Developmen) 4) tahap Implementasi atau penerapan (Implementation) 5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Instrument penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar validasi untuk validator ahli materi dan ahli desain, angket respon untuk guru dan peserta didik, dan soal pre test dan post test untuk peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan peneliti menghasilkan produk yakni bahan ajar berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) yang lebih menarik. Hasil uji kelayakan produk oleh ahli materi memperoleh skor kualitas 3,7 dengan kategori layak. Dan hasil uji kelayakan produk oleh ahli desain memperoleh skor kualitas 3,93 dengan kategori layak. Hasil angket respon guru diperoleh skor kualitas 3,66 dengan kategori praktis. Dan hasil angket respon peserta didik diperoleh skor kualitas 3,33 dengan kategori praktis. Uji efektifitas produk dilakukan oleh peserta didik kelas VII B SMP Islam Sudirman Ambarawa yang berjumlah 24 siswa. Berdasarkan hasil perolehan nilai N-Gain didapatkan skor 0,7152 dengan kriteria tinggi, sehingga bahan ajar dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 03:39 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 03:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18249 |
Actions (login required)
View Item |