POLA KOMUNIKASI PADA SANTRI PUTRI USIA DEWASA AWAL DENGAN KELUARGA BROKEN HOME (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Ar-Rois Pulutan Kota Salatiga)

KHASANAH, AFIDATUL (2023) POLA KOMUNIKASI PADA SANTRI PUTRI USIA DEWASA AWAL DENGAN KELUARGA BROKEN HOME (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Ar-Rois Pulutan Kota Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Afidatul Khasanah_ Skripsi .pdf

Download (3MB)
[img] Text
Afidatul Khasanah_ Skripsi .pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui masalah-masalah pada usia dewasa awal, (2) mengetahui faktor psikologis yang mempengaruhi hambatan komunikasi pada usia dewasa awal dan (3) mengetahui pola komunikasi dalam keluarga broken home pada santri putri usia dewasa awal. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi fenomenologi. Dalam penelitian ini terdapat Sembilan informan, serta tiga informan utama yang berusia 18-25 tahun yang memiliki keluarga broken home cerai hidup. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah dengan teknik analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (1992) berupa: reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil (1) Terdapat masalah pada usia dewasa awal, seperti masalah pada kemandirian, masalah kekaburan identitas yang diciptakan oleh pola asuh orang tua yang berlebihan, dan masalah mudah terpengaruh dengan lingkungan di sekitarnya . (2) Faktor psikologis yang mempengaruhi hambatan komunikasi menunjukkan hasil bahwasannya faktor psikologis memiliki pengaruh besar pada hambatan komunikasi, karena subjek mudah memotong obrolan saat sedang berlangsung, dan meninggalkan obrolan jika pembahasan tidak sesuai dengan yang dikendaki. (3) Pola komunikasi yang ada dalam keluarga broken home menunjukkan hasil, keterbukaan komunikasi dalam keluarga, komunikasi tertutup dan bersifat perintah, serta komunikasi tak seimbang yang hanya didominasi oleh satu anggota keluarga saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 12:25
Last Modified: 17 Oct 2023 12:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18259

Actions (login required)

View Item View Item