Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Contextual Teaching and Learning Berbantu Video Animasi Nussa dan Rara Dalam Pembelajaran PPKn Kelas IA MI Ma'arif Gedangan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023

KURNIAWATI, ENI (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Contextual Teaching and Learning Berbantu Video Animasi Nussa dan Rara Dalam Pembelajaran PPKn Kelas IA MI Ma'arif Gedangan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ENI KURNIAWATI_23040190130_SKRIPSI_PGMI_2019.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ENI KURNIAWATI_23040190130_SKRIPSI_PGMI_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kurniawati, Eni. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning Berbantu Video Animasi Nussa Dan Rara Dalam Pembelajaran PPKn Kelas IA MI Ma’arif Gedangan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar; Metode CTL; Animasi Nussa dan Rara Hasil belajar PPKn di Mi ma’arif Gedangan masih rendah terbukti dengan hasil nilai mata pelajaran PPKn yang KKM disekolah tersebuh 75 dan dari rata-rata pra siklus kelas 66,63 dan hanya 32% yang tuntas KKM dari jumlah keseluruhan. Permasalahan didalam pembelajaran PPKn kelas IA yaitu masih rendahnya hasil belajar sisiwa dan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu diantaranya: (1) Metode yang diajarkan guru kurang tepat. (2) Siswa asik bermain sendiri jika disaat jam pelajaran berlangsung. (3) Kebiasaan buruk dirumah yang masih dibawa kesekolahan (4) cara penyampaian materi guru ke siswa monoton. Tujuan dalam penelitian ini yaitu agar tingkatan siswa dakamhasil belajar diketahui dengan mempergunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantu Video Animasi Nussa dan Rara Dalam Pembelajaran PPKn Kelas IA MI Ma’arif Gedangan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) didalam pelaksanaannya menggunakan dua siklus didala pelaksanaannya penelitian ini terdapat empat tahap diantaranya yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Didalam subjek penelitian yaitu kelas IA MI Ma’arif Gedangan Kabupaten Semarang dengan berjumlah 22 siswa dan terdiri dari 8 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Hasil penelitian menggunakan metode Contextual Teaching and Learnig (CTL) berbantu video animasi Nussa dan Rara dapat meningkatan hasil belajar PPKn skelas IA MI Ma’arif Gedangan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023 . Hasil dari siklus I dan siklus II yaitu meningktnya rata-rata belajar sisiwa dengan presentase ketuntasan klasikal. Siklus 1 presentase 59% dengan nilai rata-rata keseluruhan 74,36 dan siswa berjumlah 13 yang mencapai KKM. Siklus II presentase 86% denga nilai rata-rata keseluruhan 88,36 dan sisiwa berjumlah 19 yang mencapai KKM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 16:51
Last Modified: 17 Oct 2023 16:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18266

Actions (login required)

View Item View Item