LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK HUSNUDZON UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 02 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG

nuraini, Fanda rahma (2023) LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK HUSNUDZON UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 02 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FANDA RAHMA NURAINI 0011 BKPI19.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FANDA RAHMA NURAINI 0011 BKPI19.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nuraini, Fanda Rahma. Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Husnudzon untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 02 Pringapus Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga: Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Anisatun Murtafiah, M.Pd.I. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Klasikal, Teknik Husnudzon, Self esteem Penelitian ini bertujuan untuk mencapai yaitu: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan teknik husnudzon dalam meningkatkan self esteem siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Pringapus Kabupaten Semarang. (2) Menganalisisi efektivitas layanan bimbingan klasikal dengan Teknik husnudzon dalam meningkatkan self esteem siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Pringapus Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan one group pretest and posttest design. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala self esteem. Populasi yang digunakan yakni seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Pringapus Kabupaten semarang dengan populasi 189 siswa sedangkan sampelnya ada 20 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan cara pusposive sampling dan teknik pengambilan data menggunakan uji T. Hal penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dilakukan dengan tahap awal/pendahuluan, tahap inti dan tahap penutup. Pertemuan pertama diberikan materi berupa pengertian self esteem, aspek-aspe self esteem, dan faktor yang mepengaruhi self esteem. Pada pertemuan kedua diberikan materi berupa pengertian husnudzon, prinsip-prinsip husnudzon dan upaya teknik husnudzon. (2) Efektivitas layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan teknik husnudzon pada siswa dapat meningkat dibuktikan melalui uji sample paired t-test yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil uji independent sample t Test ditemukan t hitung sebesar 11.645 ttabel > 1.280 sehingga dapat disimpulkan alternatif di terima. Kesimpulanya menggunakan Teknik husnudzon efektif untuk meningkatkan self esteem.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 17:16
Last Modified: 17 Oct 2023 17:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18268

Actions (login required)

View Item View Item