EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MUHASABAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 02 AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG

Afiyanto, Alvin Nur (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MUHASABAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 02 AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ALVIN NUR AFIYANTO 0065 BKPI 19.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALVIN NUR AFIYANTO 0065 BKPI 19.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALVIN NUR AFIYANTO 0065 BKPI 19.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALVIN NUR AFIYANTO 0065 BKPI 19.pdf

Download (3MB)
[img] Text
END SKRIPSI ALVIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Afiyanto, Alvin Nur. 2023. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Muhasabah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 02 Ambarawa Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga: Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Anisatun Murtafiah, M.Pd.I. Kata Kunci : Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok, Tenik Muhasabah, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik muhasabah dalam meningkatkan motivasi belajar kelas VIII di SMP Negeri 02 Ambarawa Kabupaten Semarang. (2) Menganalisis efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik muhasabah dalam meningkatkan motivasi belajar kelas VIII di SMP Negeri 02 Ambarawa Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode ekperimen dengan menggunakan one group pretest and posttest. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala motivasi belajar pada subjek. Subjek yang digunakan yakni seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Ambarawa Kabupaten Semarang dengan populasi 201 siswa dengan sampel 10 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling dan teknik pengambilan data menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukan (1) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dilakukan dengan tahap awal/pendahuluan, tahap inti dan tahap penutup. Pertemuan pertama diberikan materi berupa pengertian motivasi belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dan Upaya Teknik muhasabah untuk meningkatkan motivasi belajar. Pada pertemuan kedua diberikan materi berupa hubungan motivasi belajar dan muhasabah. (2) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik muhasabah pada siswa dapat meningkatkan dibuktikan melalui uji sample paired t-test yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan dan hasil uji independent sample t Test ditemukan t hitung sebesar 8.703 ttabel > 680 sehingga dapat disimpulkan bahwa alternatif diterima. Kesimpulanya menggunakan teknik muhasabah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 17:41
Last Modified: 17 Oct 2023 17:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18271

Actions (login required)

View Item View Item