Saputri, Melinda (2023) PEMBINAAN KETEKUNAN IBADAH MAHDHAH DAN GHAIRU MAHDHAH DAN SIKAP MENGHARGAI PRESTASI PADA SISWA DI SMK NEGERI 1 KLEGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
MELINDA SAPUTRI_23010190273_PAI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui pembinaan ketekunan ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah pada siswa di SMK Negeri 1 Klego Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2022/2023 2) Untuk mengetahui pembinaan sikap menghargai prestasi pada siswa di SMK Negeri 1 Klego Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2022/2023 3) Untuk mengetahui faktor pendukung pembinaan ketekunan ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah dan sikap menghargai prestasi pada siswa di SMK Negeri 1 Klego Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2022/2023 4) Untuk mengetahui faktor penghambat pembinaan ketekunan ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah dan sikap menghargai prestasi pada siswa di SMK Negeri 1 Klego Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu waka kurikulum, waka kesiswaan, guru PAI, guru Pendidikan Pancasila, guru BK, dan siswa di SMK Negeri 1 Klego. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembinaan ketekunan ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah diterapkan melalui berbagai bentuk kegiatan diantaranya yaitu sholat zuhur dan ashar berjamaah, sholat jum’at, sholat duha, penerimaan dan penyaluran zakat fitrah, penyembelihan hewan kurban, pembiasaan membaca asmaul husna dan surat-surat pendek, infaq rutin, pengajian event PHBI, pesantren kilat, jum’at religi, dan budaya 5 S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun). 2) pembinaan sikap menghargai prestasi pada siswa diterapkan melalui beberapa kegiatan diantaranya yaitu kegiatan pengumuman peringkat kelas secara berkala, upacara penghargaan prestasi, kegiatan ekstrakurikuler, lomba dan kompetisi, kegiatan P5 dan bimbingan karir. 3) faktor pendukung pembinaan ketekunan ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah yaitu adanya kesadaran dari dalam diri siswa, fasilitas yang memadai, kerjasama antar guru, serta program-program pembinaan mental. Sedangkan faktor pendukung pembinaan sikap menghargai prestasi yaitu adanya motivasi dalam diri siswa, fasilitas yang memadai, adanya komitmen antar guru, dan program-program sekolah. 4) faktor penghambat pembinaan ketekunan ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah yaitu perbedaan latar belakang siswa, lingkungan sekitar dan teman sebaya, tempat ibadah kurang memadai, banyaknya beban tugas dan sanksi yang kurang tugas. Sedangkan faktor penghambat dalam pembinaan sikap menghargai prestasi yaitu pada diri siswa, pergaulan siswa dan faktor guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 17:53 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 17:53 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18273 |
Actions (login required)
View Item |