PENGARUH KURS, INTELLECTUAL CAPITAL DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP FINANCIAL SUSTAINABILITY RATIO DENGAN RETURN ON ASSET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2018-2022

Fatmawati, Ulia (2023) PENGARUH KURS, INTELLECTUAL CAPITAL DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP FINANCIAL SUSTAINABILITY RATIO DENGAN RETURN ON ASSET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2018-2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Ulia Fatmawati_PS_63010190050.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI Ulia Fatmawati_PS_63010190050.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI Ulia Fatmawati_PS_63010190050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keberlanjutan keuangan bank, mengingat peran penting bank sebagai penggerak ekonomi. Keberlanjutan keuangan yang diukur menggunakan rasio FSR digunakan untuk menilai dan memastikan kecenderungan perusahaan untuk kelanjutan bisnis jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kurs, Intellectual Capital dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Financial Sustainability Ratio dengan Return on Asset Sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yang bersumber dari laporan tahunan Bank Umum Syariah bank sampel periode 2018-2022. Sampel yang diambil sebanyak 55 sampel. Data penelitian kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi Eviews. Hasil penelitian ini menunjukkan Variabel Intellectual Capital berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. Sedangkan Variabel Kurs dan CAR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA. Variabel ROA berpengaruh positif signifikan terhadap FSR. Setelah dilakukan analisis jalur, diketahui bahwa variabel ROA tidak mampu memediasi pengaruh Kurs dan CAR terhadap FSR. Tetapi ROA mampu memediasi pengaruh Intellectual Capital terhadap FSR. Kata Kunci: Kurs, Intellectual Capital, Capital Adequacy Ratio (CAR), Return on Asset (ROA), Financial Sustainability Ratio (FSR).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 17:59
Last Modified: 17 Oct 2023 17:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18275

Actions (login required)

View Item View Item