PENDIDIKAN KETAUHIDAN DAN KEMANDIRIAN BERIBADAH PADA SISWA SMK-SPP DHARMA LESTARI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

UMMAH, MAULIDIA NASHRUL (2023) PENDIDIKAN KETAUHIDAN DAN KEMANDIRIAN BERIBADAH PADA SISWA SMK-SPP DHARMA LESTARI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Maulidia_Nashrul_Ummah_(23010190470)[1].pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi_Maulidia_Nashrul_Ummah_(23010190470)[1].pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi_Maulidia_Nashrul_Ummah_(23010190470)[1].pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi_Maulidia_Nashrul_Ummah_(23010190470)[1].pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi_Maulidia_Nashrul_Ummah_(23010190470)[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk penerapan pendidikan ketauhidan dan kemandirian beribadah pada siswa di SMK-SPP Dharma Lestari Kota Salatiga, serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat terkait penerapan pendidikan ketauhidan dan kemandirian beribadah pada siswa SMK-SPP Dharma Lestari Kota Salatiga Tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif, data yang dikumpulkan oleh penulis berupa data primer dan sekunder yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, teknik dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, bentuk penerapan pendidikan ketauhidan pada siswa SMK-SPP Dharma Lestari dilakukan melalui manajemen sekolah, pembentukan nilai-nilai ketauhidan, mengambil dari ibrah yang disampaikan melalui pembelajaran, pelajaran tentang ketauhidan melalui metode tanya jawab. Kedua, bentuk penerapan kemandirian beribadah pada siswa SMK-SPP Dharma Lestari dilakukan melalui pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari seperti rutinitas sholat berjama’ah, rutinitas mujahadah, melalui pembiasaan yang baik, melalui keteladanan, pemberian motivasi, reward serta punishment. Ketiga, Faktor pendukungnya yaitu adanya kesadaran dan pemahaman yang dimiliki siswa itu sendiri, peran penting orang tua dan lingkungan keluarga, adanya dukungan dan dorongan dari guru, sarana dan prasarana yang cukup menunjang dalam penerapan pendidikan ketauhidan dan kemandirian beribadah pada siswa, pengaruh yang baik dari teman siswa serta sekolah yang berada dibawah lingkungan pondok pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya itu dari sifat malas dan kurang antusiasnya serta kurangnya pemahaman siswa terhadap penerapan pendidikan ketauhidan dan kemandirian beribadah, adanya teman yang memberikan pengaruh buruk, terkadang juga ada guru yang belum memberikan contoh yang baik, kurang adanya komunikasi antara pihak sekolah dan pihak pondok pesantren serta kurangnya fasilitas yang memadai dalam penerapannya. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan pendidikan ketauhidan dan kemandirian beribadah pada siswa SMK-SPP Dharma Lestari ini dilakukan melalui pembiasaan kegiatan yang telah menjadi rutinitas siswa tersebut sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 18:12
Last Modified: 17 Oct 2023 18:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18279

Actions (login required)

View Item View Item