ADOPSI CAPACITY PLANNING PADA REKRUTMEN PETUGAS PEMBIMBING IBADAH HAJI PEREMPUAN DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Fadliyah, Luluk (2023) ADOPSI CAPACITY PLANNING PADA REKRUTMEN PETUGAS PEMBIMBING IBADAH HAJI PEREMPUAN DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LULUK FADLIYAH (43020190025) - MANAJEMEN DAKWAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LULUK FADLIYAH (43020190025) - MANAJEMEN DAKWAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LULUK FADLIYAH (43020190025) - MANAJEMEN DAKWAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan dan rasa sungkan jamaah haji perempuan untuk bertanya kepada para petugas pembimbing ibadah haji perempuan terutama terkait fikih ibadah haji perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui inovasi apa saja yang menjadi kebaruan dalam proses rekrutmen petugas pembimbing ibadah haji perempuan 2023 di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian meliputi sumber data primer berupa hasil wawancara dengan staff Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah beserta petugas pembimbing ibadah haji perempuan terpilih yang berada di naungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta dan sumber data sekunder berupa dokumen, regulasi berupa petunjuk teknis, pengumuman, dan foto kegiatan Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah dan petugas pembimbing ibadah haji perempuan terpilih yang berada di naungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi yang ada pada rekrutmen petugas pembimbing ibadah haji perempuan 2023 berupa adanya petugas pembimbing ibadah haji perempuan dan peningkatan kualitas pelayanan pembimbing ibadah haji melalui sertifikasi. Inovasi petugas pembimbing ibadah haji perempuan bertujuan agar jamaah haji perempuan bisa lebih transparan, bertanya atas keraguannya terutama terkait fikih ibadah haji perempuan. Sedangkan inovasi pembimbing ibadah haji bersertifikasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan manasik. Implementasi capacity planning pada rekrutmen petugas pembimbing ibadah haji perempuan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta dimulai dari perencanaan petugas pembimbing ibadah haji perempuan yang nantinya akan bertugas pada proses penyelenggaraan haji. Perencanaan ditujukan pada PPIH Kloter yang terdiri dari tujuh orang, yaitu satu orang ketua kloter, satu orang petugas pembimbing ibadah, satu dokter, dua perawat, dan dua petugas haji daerah. Implementasi inovasi pada perencanaan didahului dengan seleksi administrasi, kemudian tes CAT, dan tahap terakhir adalah tes wawancara. Tingkat kebutuhan dan analisa kebutuhan jangka panjang diharapkan jumlah petugas pembimbing ibadah haji perempuan dapat mencapai angka 20% secara nasional. Perlu digarisbawahi bahwa pencanangan 20% ini memiliki pemahaman yang berbeda-beda karena Kantor Wilayah Kementerian Agama di seluruh Indonesia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 18:18
Last Modified: 17 Oct 2023 18:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18280

Actions (login required)

View Item View Item