PENGARUH POPULARITAS BTS (BANGTAN SONYEONDAN) SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TOKOPEDIA TERHADAP MINAT BELI SANTRI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO

Nuraini, Sri Sukowati (2023) PENGARUH POPULARITAS BTS (BANGTAN SONYEONDAN) SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TOKOPEDIA TERHADAP MINAT BELI SANTRI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SRI SUKOWATI NURAINI (43010190135) KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM S1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SRI SUKOWATI NURAINI (43010190135) KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM S1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SRI SUKOWATI NURAINI (43010190135) KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM S1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SRI SUKOWATI NURAINI (43010190135) KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM S1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SRI SUKOWATI NURAINI (43010190135) KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM S1.pdf

Download (3MB)

Abstract

BTS (Bangtan Sonyeondan) adalah grup band asal Korea yang dinaungi oleh HYBE. BTS juga merupakan brand ambassador dari Tokopedia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh popularitas BTS (Bangtan Sonyeondan) sebagai brand ambassador Tokopedia terhadap minat beli santri pondok pesantren Edi Mancoro. Penelitian ini menngunakan teori A-T-R Yang menjelaskan bahwa bahwa iklan dapat mempengaruhi khalayak, yang berarti bahwa sekelompok orang akan menggunakan atau membeli barang yang diiklankan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah nonparametrik dan metode yang digunakan yaitu kausalitas. Penelitian dilakukan di pondok pesantren Edi Mancoro dengan jumlah populasi 251 santri dan nilai presisi sebesar 10% maka jumlah sampel yang di hasilkan yaitu 71,50 lalu dibulatkan menjadi 72 santri. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik simple random sampling dan pengambilan data menggunakan angket atau kuesioner yang disebarkan secara acak melalui google form. Untuk uji hipotesis yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis analisis regresi linier sederhana dari output Model Summary menghasilkan kolerasi (R) sebesar 0,787 dibandingkan dengan rtabel tingkat signifikan 5% N=50 sebesar 0,1997. Jadi rhitung (0,787) > rtabel (0,1997), maka dapat ditarik bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil analisis uji t sebesar 10,683, sedangkan pada tabel ttabel adalah 1,997 pada taraf signifikasi 5% yang berarti bahwa thitung (10,683) > ttabel (1,997) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel (X) popularitas BTS terhadap variabel (Y) minat beli santri. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi didapatkan nilai pada R Square sebesar 0,62 yang artinya Pengaruh Popularitas BTS (X) terhadap Minat beli santri (Y) sebesar 62% dan berada pada kategori moderat karena lebih dari 0,33 tetapi lebih rendah dari 0,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 62 % dan selebihnya 38% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:09
Last Modified: 18 Oct 2023 02:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18299

Actions (login required)

View Item View Item