PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENJAUHI PERGAULAN BEBAS DAN ZINA MELALUI MEDIA PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PROJECTED MOTION KELAS X DI SMA NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

kurniawati, Ira (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENJAUHI PERGAULAN BEBAS DAN ZINA MELALUI MEDIA PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PROJECTED MOTION KELAS X DI SMA NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI IRA PAI FTIK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI IRA PAI FTIK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI IRA PAI FTIK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI IRA PAI FTIK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI IRA PAI FTIK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI IRA PAI FTIK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurniawati, Ira. 2023. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Menjauhi Pergaulan Bebas Dan Zina Melalui Metode Problem Based Learning Berbantu Media Projected Motion Kelas X Di SMA Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Wakhidati Nurrohmah Putri, M.Pd.I. Kata Kunci: Hasil Belajar; Metode Problem Based Learning, Projected Motion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI materi menjauhi pergaulan bebas dan zina melalui metode Problem Based Learning berbantu media Projected Motion pada kelas X2 di SMA Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa hasil observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah secara individual peserta didik yang mendapat nilai di atas KKM yaitu 75 dan secara klasikal peserta didik dikelas mencapai 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning berbantu media Projected Motion dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina kelas X2 di SMA Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan dengan hasil peningkatan dari setiap siklusnya. Pada kegiatan pra siklus sebanyak 14 peserta didik atau 38,9% yang tuntas, kemudian setelah diterapkam metode Problem Based Learning berbantu media Projected Motion pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 28 peserta didik atau 77,8% yang tuntas. Setelah dilakukan refleksi siklus I, dalam penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II sebanyak 33 peserta didik atau 91,7% yang tuntas. Dengan demikian dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 8,3%. Presentase kriteria ketuntasan klasikal pada siklus II ini sudah mencapai 91.7% dengan nilai rata-rata 86,6. Penelitian ini dikatakan sudah berhasil memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu sebesar 85% dengan standar KKM 75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:20
Last Modified: 18 Oct 2023 02:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18302

Actions (login required)

View Item View Item