Pengaruh Kelekatan Teman Sebaya Terhadap Forgiveness Pada Santri Putri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen Kabupaten Sukoharjo

MAULANI, FRISTA ARFIAN (2023) Pengaruh Kelekatan Teman Sebaya Terhadap Forgiveness Pada Santri Putri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen Kabupaten Sukoharjo. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui variasi kelekatan teman sebaya pada santri putri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen. 2) Untuk mengetahui variasi forgiveness pada santri putri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen. 3) Untuk mengetahui pengaruh kelekatan teman sebaya terhadap forgiveness pada santri putri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan pendekatan kuantitaif. Populasi penelitian sebanyak 146 santri putri yang berusia 12-19 tahun atau remaja dan sampel penelitian yang diambil sebanyak 60 santri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan pengambilan data menggunakan skala yang disusun berdasarkan skala likert, skala kelekatan teman sebaya yang terdiri dari (α=0,771, 24 aitem) dan skala forgiveness yang terdiri dari (α=0,824, 21 aitem). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variasi variabel kelekatan teman sebaya pada santri putri masuk dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 33 orang atau sebesar 55%. (2) variasi variabel forgiveness pada santri putri masuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 29 orang atau sebesar 48,3%. (3) hipotesis penelitian (Ha) diterima, terdapat pengaruh yang signifikan variabel kelekatan teman sebaya terhadap forgiveness pada santri putri, dengan nilai signifikansi sebesar 0,002<0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,275>t tabel, t tabel sebesar 2,002, diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 15,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:36
Last Modified: 18 Oct 2023 03:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18309

Actions (login required)

View Item View Item