PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI PENCIPTAAN ALAM DAN MANUSIA SEBAGAI TANDA KEKUASAAN ALLAH SWT BERBASIS POP-UP BOOK DAN KAHOOT MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING

MUKAROMAH, DIAN LAILATUL (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI PENCIPTAAN ALAM DAN MANUSIA SEBAGAI TANDA KEKUASAAN ALLAH SWT BERBASIS POP-UP BOOK DAN KAHOOT MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
inbound8402731977182279215.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound8402731977182279215.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound8402731977182279215.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound8402731977182279215.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound8402731977182279215.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound8402731977182279215.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound8402731977182279215.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound8402731977182279215.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound8402731977182279215.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound8402731977182279215.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound8402731977182279215.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound8402731977182279215.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound8402731977182279215.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan pra-penelitian pada 3 sekolah yaitu SMPN 10 Salatiga, SMPN 2 Tuntang, dan SMPN 1 Boja., ditemukan permasalahan media pembelajaran yang terbatas pada penggunaan buku paket dan mengerjakan tugas pada buku. Permasalahan ini didukung dari data angket respon siswa terhadap kinerja guru yang menunjukkan pada SMP Negeri 1 Boja dengan persentase 96% yaitu 27 siswa merasa kurang tertarik Pada SMP Negeri 2 Tuntang dengan persentase 97% yaitu 29 siswa merasa kurang tertarik.. Dan pada SMP Negeri 10 Salatiga, dengan 96% yaitu 27 siswa meras a kurang tertarik. Mayoritas dari hasil penyebaran angket tersebut peserta didik kurang tertarik dengan kegiatan belajar di kelas karena pendidik masih menggunakan media yang sederhana. Dari permasalahan yang ada maka peneliti mengembangkan media pop-up book dan kahoot dengan menggunakan metode problem based learning. Dengan tujuan untuk (1) mengetahui pengembangan media pop-up book (2) mengetahui efisiensi media yang dikembangkan dan (3) mengetahui efektifitas penggunaan media pop-up book. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) dengan model ADDIE dengan menggunakan 5 langkah yaitu analysis, desaign, development, implementation, dan Evaluasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah kualitatif dengan skala likert dan analisis kuantitatif dengan uji normalitas, uji wilcoxon, uji mc. Nemar dan uji N-gain. Hasil menunjukkan bahwa media pop-up book dan kahoot dengan menggunakan metode PBL layak digunakan, efisien dan efektif digunakan dalam pembelajaran PAI. Hal ini terbukti dari hasil validasi oleh ahli materi dan media yaitu dinyatakan layak dengan masing-masing persentase kelayakan 97% dan 96%. Dan pop-up book juga berpengaruh terhadap hasil belajar yang dibuktikan adanya perbedaan rata-rata pretest dan posttest dengan masing-masing sekolah dengan persentase N-gain 84 dengan kategori efektif, 70 dengan kategori cukup efektif dan 70 dengan kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 11:43
Last Modified: 18 Oct 2023 11:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18317

Actions (login required)

View Item View Item