EFEKTIVITAS KONSELING ISLAM MENGGUNAKAN WRITING THERAPY UNTUK MENINGKATKAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA SISWA SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN 2023

UTAMI, SITI NUR (2023) EFEKTIVITAS KONSELING ISLAM MENGGUNAKAN WRITING THERAPY UNTUK MENINGKATKAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA SISWA SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Siti Nur Utami Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam S1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Siti Nur Utami Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam S1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengklasifikasikan tingkat Psychological well-being Siswa (2) Mendeskripsikan pelaksanaan konseling Islam menggunakan writing therapy untuk meningkatkan Psychological well-being Siswa (3) Menguji efektivitas layanan konseling Islam menggunakan writing therapy efektif untuk meningkatkan Psychological well-being pada Siswa. Jenis penelitian ini adalah Mixed method research design dengan desain the explanatory sequential. Penelitian kuantitatif menggunakan Pre-test – Post-test Control Group Design. Subjek penelitian yaitu 10 orang siswa yang menunjukkan Psychological Well-being yang rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dari 110 orang diambil 10 yang menunjukkan Psychological well-being rendah. Subyek penelitian sebanyak 10 orang dibagi 2 menggunakan teknik random sampling, 5 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 5 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu Skala Psychologicel Well-being. Data kualitatif diperoleh dari tulisan siswa ketika terapi menulis. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistika deskripstif dan uji-T. Analisis data kualitatif menggunakan analisis konten untuk mempertajam data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat Psychological well-being Siswa SMP Negeri 6 Salatiga Salatiga, 0% yang memiliki Psychological well-being dengan kategori sangat tinggi, 11% kategori tinggi 15% kategori sedang, 67% memiliki kategori rendah dan 6% kategori sangat rendah. kelompok eksperimen dengan rata-rata (mean=65.40) dan kelompok kontrol dengan ratarata (mean=68.60). (2) Pelaksanaan layanan konseling Islam menggunakan Writing Therapy dilaksanakan 5 pertemuan (a) Pembentukan, (b) Peralihan, (c) Tahap kegiatan meliputi, Self Assessmen dan Accept & Meaning, Be Grateful dan winning the Game, Stand for It dan happy progres. (d) Pengakhiran, (e) Evaluasi dan follow up. (3) Berdasarkan hasil uji thitung sebesar 11,186 ttabel > 1, 813 dan nilai signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan menggunakan writing therapy efektif untuk meningkatkan Psychological well-being. Kesimpulan ini ditunjang data kualitatif dari tulisan Siswa bahwa setelah mengikuti writing therapy merasa senang, bangga terhadap diri sendiri, lega, sabar dan bersyukur atas nikmat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 16:03
Last Modified: 18 Oct 2023 16:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18323

Actions (login required)

View Item View Item