PENGARUH TRANSFER PRICING, MANAJEMEN LABA, FAMILY OWNERSHIP, DAN POLITICAL CONNECTION TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI ISSI PERIODE 2020-2022

RAHMAWATI, PRISKA (2023) PENGARUH TRANSFER PRICING, MANAJEMEN LABA, FAMILY OWNERSHIP, DAN POLITICAL CONNECTION TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI ISSI PERIODE 2020-2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_PRISKA RAHMAWATI_63030190093.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_PRISKA RAHMAWATI_63030190093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pajak memiliki peranan yang sangat penting dalam memajukan perekonomian negara, namun pada realisasi target dan penerimaan pendapatan pajak belum dirasa maksimal. Hal ini terjadi karena adanya praktik penghindaran pajak oleh perusahaan, agar mendapatkan perolehan keuntungan yang lebih dengan pengeluaran beban pajak yang rendah. Penelitian ini memiliki maksud untuk menjelaskan hubungan antara variabel transfer pricing, manajemen laba, family ownership, dan political connection terhadap tax avoidance. Metode penelitian ini yaitu, metode kuantitatif dengan data sekunder yang berasal dari annual report perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) pada tahun 2020-2022. Terdapat 67 sampel penelitian dengan teknik purposive sampling sebagai metode pengambilan sampelnya. Pengolahan data menggunakan alat uji software SPSS versi 25. Rangkaian pengujiannya meliputi uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji R2, Uji simultan F, dan Uji statistik T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel transfer pricing, manajemen laba, dan political connection berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tax avoidance. sedangkan pada variabel family ownership memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 16:43
Last Modified: 18 Oct 2023 16:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18327

Actions (login required)

View Item View Item