Anwas, Sahid (2023) Analisis Semiotika Makna Toleransi Pada Iklan Bukalapak Versi "Bu Linda". Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
|
Text
skripsi sahid fiks_041848.pdf Download (4MB) |
Abstract
Anwas, Sahid.2023. Analisis Semiotika Makna Toleransi Pada Iklan Bukalapak Versi “Bu Linda”. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Univertas Islam Negeri Salatiga. pembimbing: Dr. Rifqi Aulia Erlangga, S.Fil., M.Hum. Kata Kunci: Iklan, Semiotika, Toleransi Media massa semakin berkembang secara signifikan setiap tahunnya, iklan adalah salah satu produk media massa yang mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi sekarang. Selain hal itu kita tidak dapat dipungkiri bahwa iklan merupakan cara media massa mempertahankan eksistensi dan kelangsungan hidup media massa. Iklan adalah fenomena bisnis modern di era sekarang. Iklan juga salah satu media massa yang memiliki fungsi utama yakni untuk memperkenalkan suatu produk, layanan, serta membentuk citra brand atau perusahaan. Iklan pada dasarnya berisi symbol maupun tanda yang di representasikan atas realitasrealitas dan fenomena yang ditangkap oleh si pembuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda yang mempresentasikan makna toleransi dalam iklan Bukalapak versi Bu Linda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang mana pada setiap adegan (scene) yang terdapat pada iklan Bukalapak versi “Bu Linda” serta dokumentasi yang mana peneliti akan mengambil gambar dari hasil screenshoot dari beberapa adegan (scene) yang telah diacak dan bersumber langsung dari video iklan Bukalapak melalui Youtube. Dari penelitian ini iklan Bukalapak versi Bu Linda menemukan beberapa makna toleransi yang terkandung dalam iklan tersebut melalui scene yang sudah diacak oleh peneliti yaitu: pertama, saling mengerti antar agama berupa tolong menolong dan berbuat baik antar agama seiman maupun berbeda agama dan kedua, saling menghormati keyakinan orang lain berupa tidak memaksakan agama Islam kepada umat agama lain dan menghargai satu sama lain. Berdasarkan hasil penelitian ini ada beberapa rekomendasi yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya adalah melakukan kajian yang menekankan pada aspek komunikasi yang lain, seperti komunikasi respon audience, strategi pemasaran, dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 16:57 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 16:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18328 |
Actions (login required)
View Item |