LISSA, AYUNI MARTHA (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DAN SIKAP KEMANDIRIAN PADA SISWA BOARDING SCHOOL DI SMA MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Ayuni Martha Lissa 23010190044.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi Ayuni Martha Lissa 23010190044.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi Ayuni Martha Lissa 23010190044.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi Ayuni Martha Lissa 23010190044.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi Ayuni Martha Lissa 23010190044.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi Ayuni Martha Lissa 23010190044.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi Ayuni Martha Lissa 23010190044.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi Ayuni Martha Lissa 23010190044.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi Ayuni Martha Lissa 23010190044.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi Ayuni Martha Lissa 23010190044.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Martha Lissa, Ayuni. (2023). Implementasi Pendidikan Akhlak dan Sikap Kemandirian Pada Siswa Boarding School di SMA Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Akhlak, Sikap Kemandirian “Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan akhlak dan sikap kemandirian, faktor pendukung serta faktor penghambat implementasi pendidikan akhlak dan sikap kemandirian pada siswa boarding school di SMA Muhammadiyah Plus Kota Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang sifatnya kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer dari penelitian ini adalah hasil dari observasi, dan hasil wawancara. Sumber data sekunder penelitian ini berupa arsip, dokumentasi, buku, jurnal, atau karya ilmiah yang berkaitan dengan implementasi pendidikan akhlak dan sikap kemandirian. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.” “ Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam proses implementasi pendidikan akhlak dan sikap kemandirian dimulai dengan memahami aqidah atau keyakinan dasar agama Islam, menerapkan nilainilai moral dan etika, kemudian dilanjutkan dengan praktik-praktik ibadah. Adapun implementasi yang dilaksanakan dalam menanamkan pendidikan akhlak pada siswa boarding school di SMA Muhammadiyah Plus Kota Salatiga yakni dengan menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah, nasihat dan evaluasi dari guru, pembiasaan ekstrakurikuler dan kegiatan keagamaan, menanamkan nilai-nilai moral dan etika seperti memperkuat nilai agama, meningkatkan rasa tanggung jawab, melatih kesopanan dan kedisiplinan, menanamkan kegiatan beribadah. Sedangkan implementasi sikap kemandirian diantaranya menanamkan kemandirian emosional, kemandirian tingkah laku, dan kemandirian nilai, upaya yang dilakukan oleh lembaga sekolah dan pengelola boarding school antara lain, dengan melatih siswa mengelola waktu dan mengatur dirinya sendiri, memberikan tanggung jawab, melatih sikap kejujuran, kegiatan ekstrakurikuler, menerapkan aturan (tata tertib), dan pemberian contoh keteladanan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 17:56 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 17:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18330 |
Actions (login required)
View Item |