PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI MEYAKINI QADA' DAN QODAR MELAHIRKAN SEMANGAT BEKERJA MELALUI METODE COURSE RIVIEW HORAY DAN MEDIA FLIPCHART KELAS XII DI SMK SARASWATI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Nuzila, Latifatun (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI MEYAKINI QADA' DAN QODAR MELAHIRKAN SEMANGAT BEKERJA MELALUI METODE COURSE RIVIEW HORAY DAN MEDIA FLIPCHART KELAS XII DI SMK SARASWATI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Latifatun Nuzila 23010190044.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Latifatun Nuzila 23010190044.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Latifatun Nuzila 23010190044.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nuzila, Latifatun. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Meyakini Qada’ dan Qodar Melahirkan Semangat Bekerja Melalui Metode Course Review Horay dan Media Flipchart Kelas XII Di SMK Saraswati Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Agus Purnomo, M.Eng. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Course Review Horay, Media Flipchart. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas XII MM berdasarkan nilai ulangan harian pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan metode dan media yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi meyakini qada’ dan qodar melahirkan semangat bekerja melalui metode course review horay dan media flipchart pada siswa kelas XII SMK Saraswati tahun ajaran 2022/2023. Adapun rumusan masalah yang akan dikaji : Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi meyakini Qada’ dan Qodar Melahirkan Semangat Bekerja Melalui Metode Course Review Horay dan Media Flipchart pada siswa kelas XII Smk Saraswati Salatiga tahun ajaran 2022/2023? Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan diantaranya 1) perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Dengan subyek penelitian siswa kelas XII MM SMK Saraswati Salatiga yang berjumlah 22 siswa dengan obyek penelitian yang berfokus pada peningkatan hasil belajar menggunakan metode course review horay dan media flipchart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan pada pra siklus sebesar 28,57% atau sebanyak 6 siswa dari 21 siswa. Dan Pada siklus I presentase kelulusan mengalami peningkatan mencapai 61,91% atau sebanyak 13 siswa dari 21 siswa dan Presentase kelulusan siklus II mengalami peningkatan yang cukup besar yakni 90,48% atau sebanyak 19 siswa dari 21 siswa. Dengan perolehan nilai rata-rata pada pra siklus sebanyak 61,42%, pada siklus I menjadi 75,71% dengan peningkatan sebanyak 14,23%. Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 87,61% dengan peningkatan sebanyak 11,9%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode course review horay dan media flipchart dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII MM di SMK Saraswati Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 18:12
Last Modified: 18 Oct 2023 18:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18332

Actions (login required)

View Item View Item