PEMBINAAN PENGAMALAN BERIBADAH DAN SIKAP OPTIMISME PADA SISWA SMK SARASWATI TAHUN AJARAN 2022/2023

zakiya, Hilya (2023) PEMBINAAN PENGAMALAN BERIBADAH DAN SIKAP OPTIMISME PADA SISWA SMK SARASWATI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Hilya Zakiya 23010190077 print pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hilya, Zakiya. 2023. Pembinaan Pengamalan Beribadah dan Sikap Optimisme pada Siswa SMK Saraswati Kota Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Muzdakir Muhlisin M.Phil. Kata Kunci: Pengamalan Beribadah, Sikap Optimisme Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembinaan pengamaln beribadah dan sikap optimisme pada siswa SMK Saraswati dalam pembinaan pengamalan beribadah dan sikap optimisme pada siswa SMK Saraswati Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan kondisi secara objektif dan subjektif. Sumber data di dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pembinaan pengamalan beribadah dilakukan melalui kegiatan-kegiatan seperti shalat dhuha, shalat dhuhur, tadarus Al-Qur’an, berdoa, membaca asmaul husna, bakti sosial. Metode yang digunakan metode ceramah, keteladanan, pembiasaan, memberi nasehat. (2) Pembinaan sikap optimisme dilakukan melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran, layanan konseling, ektrakurikuler. Metode yang digunakan metode diskusi dan metode memberi nasehat dengan memberi motivasi atau pengarahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 18:21
Last Modified: 18 Oct 2023 18:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18333

Actions (login required)

View Item View Item