IMPLEMENTASI PERATURAN DIRJEN BIMAS ISLAM NOMOR:DJ.II/542 TAHUN 2013 TENTANG BIMBINGAN KELUARGA SAKINAH DALAM KELUARGA TANPA ANAK (Studi kasus di Dusun Ngrumpuk, Desa Sendang, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali)

Nawawi, Ahmad (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DIRJEN BIMAS ISLAM NOMOR:DJ.II/542 TAHUN 2013 TENTANG BIMBINGAN KELUARGA SAKINAH DALAM KELUARGA TANPA ANAK (Studi kasus di Dusun Ngrumpuk, Desa Sendang, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ahmad nawawi skripsi HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Semua keluarga menghendaki adanya ketenangan/sakinah dalam berumah tangga,baik mempunyai anak ataupun tidak mempunyai anak harapan nya adalah tetap mendapatkan ketenangan atau sakinah dalam berkeluarga. Di dusun ngrumpuk ada 5 keluarga di situ sudah bertahun-tahun berkeluarga tetapi tidak memiliki anak dan tidak ada perceraian. Maka perlu di teliti lebih jauh terkait dengan bagaimana implementasi Dirjen Bimas Islam No: DJ.II/542 Tahun 2013 Tentang Keluarga Sakinah pada keluarga yang belum di karuniani anak tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan peneliti secara langsung dengan obyek, terutama untuk memperoleh data dan berbagai informasi langsung. penelitian ini termasuk dalam penelitian Deskriptif Analisis. Pendekatan yang dilakukan peneliti adalah normative. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan keluarga sakinah yang dibangun di atas kasih sayang yang mengedepankan aspek komunikasi dan musyawarah sebagai bentuk dari pola hubungan demokratis yang menjadi sarana bagi terwujudnya komunikasi dialogis. Sehingga dengan adanya komunikasi tersebut tercapailah ketenangan, kedamaian, dan ketentraman dalam rumah tangga. Kehidupan rumah tangga tanpa adanya anak dirasakan oleh beberapa keluarga di dusun ngrumpuk, anak mempunyai nilai yang sangat penting dalam kehidupan rumah tangga. Keluarga yang tidak memiliki anak tersebut dalam mempertahankan rumah tangga dengan beberapa cara diantaranya dengan, memiliki rasa kasih sayang, menjaga komunikasi dengan baik, mengisi waktu luang, dan yang paling utama selalu berserah kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 18:37
Last Modified: 18 Oct 2023 18:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18336

Actions (login required)

View Item View Item