UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI KETENTUAN PERNIKAHAN DALAM ISLAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBANTU MEDIA JENGA FOR QUESTION CARD KELAS XI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

SURURIYAH, HANDAYATI (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI KETENTUAN PERNIKAHAN DALAM ISLAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBANTU MEDIA JENGA FOR QUESTION CARD KELAS XI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HANDAYATI SURURIYAH 23010190075.pdf

Download (4MB)
[img] Text
HANDAYATI SURURIYAH 23010190075.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tinggi rendahnya hasil belajar tergantung bagaimana cara guru mengelola pembelajarannya. Berdasarkan observasi di SMK Negeri 1 Salatiga, ditemukan beberapa masalah dalam proses pembelajaran, dimana guru menggunakan metode yang selalu sama sehingga siswa bosan, siswa membawa handphone sehingga tidak fokus belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi ketentuan pernikahan dalam Islam menggunakan model pembelajaran game based learning berbantu media jenga for question card pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Salatiga. Penelitian ini termasuk Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelas XI BU 1 dengan jumlah 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase ketuntasan klasikal sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran game based learning berbantu mendia jenga for question card meningkatkan hasil belajar aspek kognitif pada siswa kelas XI BU 1 SMK Negeri 1 Salatiga. Dari prasiklus ke siklus I meningkat 13%, siklus I ke siklus II meningkat 22,15%. Pada prasiklus siswa yang tuntas 17 (51,51%) dengan mean 64, 96. Pada siklus I ada 20 siswa (64,51%) dengan mean 76,77. Pada siklus II ada 26 siswa (86,66%) dengan mean 80.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 19:55
Last Modified: 18 Oct 2023 19:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18342

Actions (login required)

View Item View Item