Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema 3 Subtema 1 Menggunakan Strategi Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Berbantu Metode Outing Class Pada Siswa Kelas IV Semester 1 MI Miftahul Huda Lopait Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023

huda, Muhammad nada fathul (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema 3 Subtema 1 Menggunakan Strategi Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Berbantu Metode Outing Class Pada Siswa Kelas IV Semester 1 MI Miftahul Huda Lopait Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_M.NADA FATHUL HUDA_23040180125.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_M.NADA FATHUL HUDA_23040180125.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nada Fathul Huda, Muhammad. 2023. Peningkatan hasil belajar IPS tema 3 subtema 1 menggunakan strategi pembelajaran “Giving Question And Getting Answer” berbantu metode Outing class pada siswa kelas IV semester 1 MI Miftahul Huda Lopait Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023 skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Peni Susapti, M. Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Strategi Giving Question and Getting Answer, metode Outing class. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan strategi pembelajaran “Giving Question And Getting Answer” berbantu metode Outing class dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV semester 1 MI Miftahul Huda Lopait Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Miftahul Huda berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, lembar observasi guru dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Tolak ukur keberhasilan ditentukan melalui pencapaian KKM 70 dan Kriteria Klasikal 85% ketuntasan (di tetapkan oleh MI Miftahul Huda). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi pembelajaran “Giving Question And Getting Answer” berbantu metode Outing class dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar Siklus I yang di capai sebesar 50% ketuntasan dengan rata-rata nilai 71,5. Siklus II sebesar 88,4% dengan rata-rata nilai 79,2, terjadi peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 38,4%. Hal ini berarti telah melebihi kriteria kelulusan klasikal yang di capai sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 20:16
Last Modified: 18 Oct 2023 20:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18345

Actions (login required)

View Item View Item