HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERILAKU KRIMINALITAS PENGGUNA NARKOBA WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN (WBP) DI RUMAH TAHANAN KELAS IIB SALATIGA

Permata, Novia Ferdyan (2023) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERILAKU KRIMINALITAS PENGGUNA NARKOBA WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN (WBP) DI RUMAH TAHANAN KELAS IIB SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ALHAMDULILLAH SKRIPSI NOVIA FERDYAN PERMATA..pdf

Download (2MB)
[img] Text
ALHAMDULILLAH SKRIPSI NOVIA FERDYAN PERMATA..pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI NOVIA FERDYAN PERMATA..pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NOVIA FERDYAN PERMATA..pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NOVIA FERDYAN PERMATA..pdf

Download (3MB)

Abstract

Permata, Novia Ferdyan. 2023. Hubungan Interaksi Sosial dengan Perilaku Kriminalitas Pengguna Narkoba Warga Binaan Pemasyrakatan (WBP) di Rumah Tahanan Kelas IIB Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Widayati Lestari, M.Psi. Kata Kunci: interaksi sosial, perilaku kriminalitas pengguna narkoba, warga binaan pemasyarakatan. Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu (1) Untuk mengetahui variasi interaksi sosial Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Kelas IIB Salatiga, (2) Untuk mengetahui variasi perilaku kriminalitas pengguna narkoba Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Kelas IIB Salatiga, (3) Untuk mengetahui hubungan interaksi sosial dengan perilaku kriminalitas pengguna narkoba Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Kelas IIB Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah warga binaan pemasyrakatan rumah tahanan kelas IIB Salatiga. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel adalah sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala intraksi sosial dan kriminalitas pengguna narkoba yang disusun sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan analisis data deskriptif, tingkat interaksi sosial pada WBP diketahui bahwa menempati kategori sedang, yaitu terdapat 8 responden (16%) dengan interaksi rendah, 35 responden (70%) dengan interaksi sedang, dan 7 responden (14%) memiliki interaksi tinggi. (2) Berdasarkan analisis data deskriptif, tingkat kriminalitas pengguna narkoba pada WBP diketahui bahwa menempati kategori sedang, dimana 5 responden (10%) memiliki kriminalitas pengguna narkoba kategori rendah, 37 responden (74%) memiliki kriminalitas pengguna narkoba dalam kategori sedang, dan 8 responden (16%) memiliki kriminalitas pengguna narkoba kategori tinggi (3) Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis yang dilakukan menggunakan teknik korelasi, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan (korelasi) dan signifikan antara interaksi sosial dengan kriminalitas pengguna narkoba pada WBP Rumah Tahanan Kelas IIB Salatiga yang dibuktikan dengan nilai Sig. 2-tailed 0,025 < 0,05. Besar korelasi antara variabel interaksi sosial dan kriminalitas pengguna narkoba WBP Rumah Tahanan Kelas IIB Salatiga memiliki derajat korelasi rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? -- Subyek -- ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 20:23
Last Modified: 18 Oct 2023 20:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18348

Actions (login required)

View Item View Item