Pembinaan Perilaku Keagamaan dan Budaya Sekolah pada Siswa di MTs N 4 Sragen Tahun Ajaran 2022/2023

rahmawati, yunita dwi (2023) Pembinaan Perilaku Keagamaan dan Budaya Sekolah pada Siswa di MTs N 4 Sragen Tahun Ajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
YUNITA DWI RAHMAWATI 23010190292.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YUNITA DWI RAHMAWATI 23010190292.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rahmawati, Yunita Dwi. 2023. “Pembinaan Perilaku Keagamaan dan Budaya Sekolah Pada Siswa di MTs N 4 Sragen Pada Tahun Ajaran 2022/2023.”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Guru Mata Pelajaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. H. Mansur, M.Ag. Kata Kunci: Pembinaan, Perilaku Keagamaan , Budaya Sekolah Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengidentifikasi pembinaan perilaku kegamaan dan budaya sekolah pada siswa di MTs N 4 Sragen Tahun Ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pembinaan perilaku keagamaan dan budaya sekolah pada siswa di MTs N 4 Sragen Tahun Ajaran 2022/2023. (3) Untuk Megidentifikasi pengaruh positif pembinaan perilaku kegamaan dan budaya sekolah pada siswa di MTs N 4 Sragen Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang datanya diambil dari lapangan. Dalam penelitian ini yang dibutuhkan adalah data primer dan data sekunder. Validitas data dikumpulkan melalui triangulasi. Reduksi data digunakan sebagai penyajian data dan untuk menarik kesimpulan kemudian data yang terkumpul dapat dianalisis. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, Pembinaan perilaku keagamaan dilakukan melalui kegiatan sehari-hari yang diterapkan di sekolah melalui kegiatan seperti membaca doa sebelum pembelajaran dimulai , tadarus Al-Qur’an, salat dhuha, salat dhuhur, serta salat Jumat secara berjamaah di masjid sekolah. Kedua, Pembinaan budaya sekolah diterapkan dalam kegiatan sehari-hari seperti disiplin datang sekolah tepat waktu, berjabat tangan dengan guru sebelum masuk kelas, merawat dan cinta terhadap lingkungan, jujur dalam setiap kegiatan, saling berbagi dengan adanya sedekah jum’at, bertanggungjawab tidak lempar tugas, saling kolaboratif , semangat berprestasi mengembangkan skill pengetahuan dan saling menghargai pendapat oranglain serta musyawarah mufakat dalam setiap kegiatan. Ketiga, Faktor yang mendukung yaitu kesadaran dari diri siswa itu sendiri, adanya komunikasi atau kerjasama dari pemimpin dan guru, adanya pembiasaan yang diterapkan dalam peraturan sekolah, adanya hukuman atau sanksi bagi pelanggar, dan juga kegiatan yang mendukung terlaksananya pembinaan perilaku keagamaan dan budaya sekolah pada siswa. Sedangkan Faktor penghambatnya yakni rasa malas dari siswa itu sendiri, adanya handphone serta latar belakang lingkungan keluarga yang kurang mendukung Keempat, dampak yang dihasilkan dari pembinaan agama ini yaitu menjdikan siswa semakin taat beribadah baik ibadah wajib maupun sunnah. Sedangkan dampak kegiatan pembinaan budaya sekolah yaitu membentuk karkater siswa menjadi terbiasa untuk melakukan budaya sekolah dan menerapkanya dalam lingkungan sekitar . Kelima, Solusi dari faktor penghambat yakni dengan adanya program wali kelas berkunjung serta Adanya razia HP Secara berkala dan patroli guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 20:41
Last Modified: 18 Oct 2023 20:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18349

Actions (login required)

View Item View Item