UNSUR INTRINSIK DAN NILAI MORAL DALAM NOVEL “AL-UGHNIYYAT AL-DAIRIYYAH” KARYA NAWAL EL-SAADAWI (Kajian Strukturalisme Objektif)

SAYYIDAH, ULFA (2023) UNSUR INTRINSIK DAN NILAI MORAL DALAM NOVEL “AL-UGHNIYYAT AL-DAIRIYYAH” KARYA NAWAL EL-SAADAWI (Kajian Strukturalisme Objektif). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ulpah Sayidah NIM_53040-19-0015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skrispi ini adalah hasil penelitian kepustakaan dengan judul “Unsur Intrinsik dan Nilai Moral dalam Novel Al-Ughniyyat Al-Dairiyyah Karya Nawal El-Sa>dawi (Kajian Strukturalisme Objektif)”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkap unsur intrinsik dan nilai moral yang terkandung dalam novel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif atau pengumpulan data dengan pendekatan strukturalisme objektif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa unsur intrinsik yang terkandung dalam novel ini memiliki 7 unsur yaitu (1) tema, yang berisi penderitaan, yakni penderitaan yang terus berputar (2) tokoh, yakni hamida, hamido, ayah dan ibu, penjual roti dan majikannya hamida. (3) latar, yakni di negara Mesir. (4) sudut pandang, yaitu orang ketiga atau serba tahu. (5) alur, mengandung tahapan penyesuaian, pemunculamn konflik, peningkatan konflik, klimaks dan penyelesaian. (6) gaya bahasa, yakni menggunakan gaya personifikasi (7) amanat, yaitu mencintai dan menyayangi keluarga dengan seutuhnya dan senantiasa mampu menjaga diri sendiri dari segala ancaman bahaya. dan yang terakhir nilai moral dalam penelitian ini yakni kita sebagai manusia yang mempunyai hati agar senantiasa menggunakan hati dan akal kita serta tidak haus dengan kekuasaan. Kata Kunci : Strukturalisme, Unsur Intrinsik, Nilai Moral

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Kesusasteraan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 20:48
Last Modified: 18 Oct 2023 20:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18350

Actions (login required)

View Item View Item