PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDA’IYAH MA’ARIF DUKUH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sa'adah, Alfia Nailis (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDA’IYAH MA’ARIF DUKUH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi AlfiaNailis Fiks_compressed.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sa’adah, Alfia Nailis. 2023 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Alat Peraga bagi Siswa Kelas V MI Ma’arif Dukuh Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Peni Susapti, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Bangun Datar, Model Pembelajaran Project Based Learning, Media Alat Peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Alat Peraga bagi Siswa Kelas V MI Ma’arif Dukuh Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian 19 siswa kelas V MI Ma’arif Dukuh. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: RPP, silabus, materi, soal tes, lembar penilaian sikap, lembar penilaian ketrampilan, lembar observasi siswa, dan lembar observasi guru. Data dianalisis dengan presentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Alat Peraga meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas V MI Ma’arif Dukuh. Pertama hasil belajar aspek pengetahuan untuk observasi yang tuntas 7 (37%), siklus I yang tuntas 12 (63%), Hasil belajar dari observasi ke siklus I mengalami peningakatan 26%. Hasil belajar siklus II yang tuntas 17 (89%), Hasil belajar dari siklus I ke siklus II meningkat 26%. Kedua Hasil belajar berdasarkan data observasi untuk aspek sikap, yang tuntas 5 (26%), siklus I yang tuntas 11 (58%), Hasil belajar siklus II yang tuntas 18 (95%), Hasil belajar dari siklus I ke siklus II meningkat 37%. Ketiga Hasil belajar berdasarkan data observasi untuk aspek keterampilan, yang tuntas 4 (21%), siklus I yang tuntas 12 (63%), Hasil belajar siklus II yang tuntas 17 (89%),Hasil belajar dari siklus I ke siklus II meningkat 26%. Pembelajaran pada siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu 85%. Sehingga penelitian dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 21:51
Last Modified: 18 Oct 2023 21:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18353

Actions (login required)

View Item View Item