PENGEMBANGAN LKPD MAPEL IPS BERBASIS HANDOUT UNTUK MELATIH KARAKTER BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VSD NEGERI SUKABUMI KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023

istiqomah, Dyah ayu (2023) PENGEMBANGAN LKPD MAPEL IPS BERBASIS HANDOUT UNTUK MELATIH KARAKTER BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VSD NEGERI SUKABUMI KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Dyah Ayu Istiqomah 23040190033 Skripsi Fiks.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, antara lain 1) Untuk mengetahui proses pengembangan LKPD mapel IPS berbasis Handout. 2) Untuk mengetahui kelayakan LKPD mapel IPS berbasis Handout yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development) atau R&D. Model pengembangan penelitian ini adalah model 4D yang dikemukakan oleh Thiagharajan terdiri dari dari 4 tahapan yaitu Define, merancang (design), mengembangkan (develop), serta menyebarluaskan (disseminate). Penelitian ini terbatas sampai tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan pada LKPD berbasis Handout ini yang dihitung menggunakan aplikasi Excel yang dinyatakan “Layak” dengan perolehan nilai pada validasi ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi dengan perolehan nilai 0,69. Uji coba terbatas dalam kelompok kecil yang beranggotakan 15 peserta didik kelas V SD Negeri Sukabumi yang dilakukan guna melihat bagaimana respons siswa akan LKPD berbasis Handout yang telah dibuat dengan menggunakan angket respon peserta didik. Dari hasil perhitungan angket respon peseta didik yang dihitung menggunakan Excel mendapatkan perolehan nilai 1,24 maka dapat dinyatakan sangat layak. Dengan hasil pada soal pretest peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 61,3 dan rata-rata nilai posttest 92,7. Hal ini membuktikan bahwa nilai posttest lebih baik daripada nilai pretest. Dari hasil perbandingan tersebut maka LKPD berbasis Handout dapat digunakan dalam pembelajaran. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan LKPD berbasis Handout mapel IPS dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:01
Last Modified: 19 Oct 2023 01:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18356

Actions (login required)

View Item View Item