PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGARAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Rahayu, Elys Tri (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGARAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ELYS TRI RAHAYU 23060190059.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ELYS TRI RAHAYU 23060190059.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ELYS TRI RAHAYU 23060190059.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ELYS TRI RAHAYU 23060190059.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ELYS TRI RAHAYU 23060190059.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ELYS TRI RAHAYU 23060190059.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ELYS TRI RAHAYU 23060190059.pdf

Download (6MB)

Abstract

Lampiran 1 Data Hasil Belajar IPA Tahun Ajaran 2022/2023 92 Lampiran 2 Hasil Wawancara 94 Lampiran 3 RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Siklus I 95 Lampiran 4 RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Siklus 2 99 Lampiran 5 RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Siklus 3 103 Lampiran 6 Kisi-Kisi Soal dan Soal Uji Coba Penelitian 107 Lampiran 7 Lembar Soal Evaluasi Siklus I 116 Lampiran 8 Lembar Soal Evaluasi Siklus 2 118 Lampiran 9 Lembar Soal Evaluasi Siklus 3 120 Lampiran 10 Lembar Kunci Jawaban Soal Evaluasi 122 Lampiran 11 Lembar Jawab Soal Evaluasi 123 Lampiran 12 Hasil Rekapitulasi Belajar Siswa 124 Lampiran 13 Lembar Observasi Siswa Siklus I 131 Lampiran 14 Lembar Hasil Observasi Guru Siklus I 134 Lampiran 15 Lembar Hasil Observasi Siswa Siklus II 137 Lampiran 16 Lembar Hasil Observasi Guru Siklus II 140 Lampiran 17 Lembar Hasil Observasi Siswa Siklus III 143 Lampiran 18 Lembar Hasil Observasi Guru Siklus III 146 Lampiran 19 Hasil Uji Coba Instrumen Soal 149 Lampiran 20 Dokumentasi Penelitian 151 Lampiran 21 Lembar Validasi Soal 152 Lampiran 22 Lembar Validasi Observasi Aktivitas Siswa 157 Lampiran 23 Lembar Validasi Observasi Aktivitas Guru 160 Lampiran 24 Lembar Validasi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) 163 Lampiran 25 Surat Pembimbing Skripsi 166 Lampiran 26 Surat Permohonan Izin Penelitian 168 Lampiran 27 Surat Keterangan Selesai Penelitian 169 Lampiran 28 Lembar Konsultasi Skripsi 170 Lampiran 29 SKK (Satuan Kredit Kegiatan) 172 Lampiran 30 Daftar Riwayat Hidup 173 Lampiran 31 Timeline Penelitian 174   ABSTRAK Rahayu, Elys, Tri. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 2 Tengaran Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi: Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar; Double Loop Problem Solving (DLPS) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi sistem pernapasan dengan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tengaran tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini memakai jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini merupakan kelas VIII F berjumlah 32 siswa dengan rincian 17 siswa putra dan 15 siswa putri. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tiga siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian adalah lembar soal, lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bisa dikatakan berhasil jika siswa mencapai ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar ≥85% dengan ketuntasan hasil belajar individu mencapai KKM yaitu ≥75. Model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tengaran materi sistem pernapasan manusia dapat dilihat dari nilai posttes yang ditunjukkan pada siklus I dengan rata-rata nilai 53,43 yang persentase ketuntasan 21,87% dan persentase yang belum tuntas 78,12%. Pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata nilai 72,5 yang persentase ketuntasan 62,5% dan persentase belum tuntas 37,5%, sampai pada siklus III meningkat dan hampir sempurna yaitu dengan rata-rata nilai 88,12 yang persentase ketuntasan 93,75% dan persentase belum tuntas 6,25% saja. Peningkatan dari siklus I dan siklus II dengan persentase 40,63% sedangkan siklus II dan siklus III menunjukkan peningkatan pada persentase 15,63%. Berdasarkan data yang diperoleh dari siklus I, II, dan III, maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran DLPS meningkatakan hasil belajar IPA materi Sistem Pernapasan Manusia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Tengaran tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru untuk memperbaiki pembelajaran dan hasil belajar yang telah dicapai. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai referensi oleh guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat sesuai kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:23
Last Modified: 19 Oct 2023 02:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18357

Actions (login required)

View Item View Item