STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022

ckhasanah, uswatun (2023) STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23070170099-uswatun ckhasanah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23070170099-uswatun ckhasanah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23070170099-uswatun ckhasanah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23070170099-uswatun ckhasanah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23070170099-uswatun ckhasanah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23070170099-uswatun ckhasanah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23070170099-uswatun ckhasanah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23070170099-uswatun ckhasanah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
23070170099-uswatun ckhasanah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Strategi penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun 2022. (2) Kendala yang dihadapi dalam menerapkan Pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun 2022. (3) Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala kendala yang menerapkan Pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif di mana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang di analisis melalui tahap penyajian data, reduksi data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menerangkan bahwa (1) Strategi penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun 2022 dalam menanamkan nilai-nilai karakter dengan Melalui keteladanan contohnya dengan datang ke kelas tepat waktu, melalui Pembiasaan seperti mengecek kehadiran dan menyuruh berdoa sebelum belajar, Memberi nasihat bagi siswa yang melakukan kesalahan. (2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan Pendidikan diantaranya: fasilitas yang kurang mencukupi, kesulitan guru dengan karakteristik siswa yang berbeda, kurangnya pengasuhan orang tua terhadap anak, serta kurangnya kesadaran dan pengetahuan. (3) Upaya yang dilakukan adalah menyediakan sarana dan prasarana seperti buku LKS, Memperbaiki diri supaya pantas menjadi pendidik yang teladan, mengadakan kunjungan ke rumah siswa yang serasa butuh di perhatikan, memberikan jam tambahan bagi siswa siswi yang membutuhkan pembelajaran khusus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 12:05
Last Modified: 19 Oct 2023 12:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18360

Actions (login required)

View Item View Item