EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METODE INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sholihah, Novianna Mar'atush (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METODE INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NOVIANNA MAR'ATUSH SHOLIHAH (23060190084).pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning berbasis metode Information Search terhadap hasil belajar materi Sistem Ekskresi Manusia kelas VIII SMPN 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. (2) mengetahui proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis metode Information Search terhadap hasil belajar materi Sistem Ekskresi Manusia kelas VIII SMPN 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode True eksperiment. Desain penelitian menggunakan pre test-post test control group design. Penelitian ini berlokasi di SMPN 1 Salatiga. Sample yang digunakan yaitu kelas VIII C (eksperimen) dan VIII D (kontrol). Data penelitian diperoleh dari data tes dan data nontes. Instrumen tes yang digunakan adalah soal. Sedangkan, data nontes terdiri atas lembar observasi, angket respon siswa dan dokumentasi. Keberhasilan proses pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis metode Information Search dapat diketahui dari hasil angket siswa yang menunjukkan sebanyak 44% siswa memberikan respon sangat baik dan 48% siswa memberi respon baik dan sebanyak 7% siswa memberikan respon cukup. Sedangkan hasil dari lembar observasi kegiatan guru menunjukkan 72% dengan kriteria sangat baik dan 38% pada kriteria baik, dan data hasil lembar observasi kegiatan siswa menunjukkan 73% pada kriteria sangat baik dan sebanyak 37% pada kriteria baik. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Zhitung sebesar -2, 16 dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) < 0, 05, yaitu 0, 031 < 0, 05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Information Search terhadap hasil belajar pada materi Sistem Ekskresi Manusia kelas VIII SMPN 1 Salatiga tahun pelajaran 2022/2023 efektif terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru untuk membenahi pengajaran yang telah dilakukan dan hasil belajar siswa yang telah dicapai dengan memperhatikan model dan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 14:31
Last Modified: 19 Oct 2023 14:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18362

Actions (login required)

View Item View Item