PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA DINI DI RA MASITOH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Munawaroh, Sa’diyatul (2017) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA DINI DI RA MASITOH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SA'DIYATUL MUNAWAROH.pdf

Download (8MB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab melalui metode bernyanyi pada anak usia dini di RA Masitoh Salatiga tahun pelajaran 2016/2017. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan prestasi belajar anak didik dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab pada anak usia dini di RA Masitoh Salatiga tahun pelajaran 2016/2017?Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan prestasi belajar anak didik dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab pada anak usia dini di RA Masitoh Salatiga tahun pelajaran 2016/2017. Dari analisis data didapatkan bahwa hasil dari penguasaan kosakata Bahasa Arab melalui metode bernyanyi pada anak usia dini di RA Masitoh Salatiga tahun pelajaran 2016/2017 mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, yaitu sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas sebesar 29%, setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui metode bernyanyi diperoleh pada siklus I sebesar 53% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian sebesar 75% yang ditetapkan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bernyanyi pembelajaran kosakata Bahasa Arab dapat diserap anak dengan mudah. Penerapan metode bernyanyi mempunyai pengaruh dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab pada anak usia dini di RA Masitoh Salatiga tahun pelajaran 2016/2017, yaitu dengan hasil siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 53%. Pada siklus II sebanyak 94%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:01
Last Modified: 31 Oct 2017 04:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1837

Actions (login required)

View Item View Item