Makna Filosofis Budaya Sesajen dalam Perkawinan Adat Jawa di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan

fatayati, Putri nur (2023) Makna Filosofis Budaya Sesajen dalam Perkawinan Adat Jawa di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Makna filosofis budaya sesajen dalam perkawinan adat jawa di desa sugihmanik kecamatan tanggungharjo kabupaten grobogan.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fatayati, Putri Nur. 2023.(Makna Filosofis Budaya Sesajen Dalam Perkawinan Adat Jawa Di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan). Skripsi Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Salatiga. Penggunaan sesajen yang ada di Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan terbilang kuno dan cenderung beranggapan syirik, karena dizaman modern ini masih ada yang percaya terhadap budaya sesajen yang memiliki kekuatan supranatural. Bagaimana proses pelaksanaan sesajen bagi masyarakat Desa Sugihmanik. Dalam rumusan masalah terdapat sub pembahasan didalamnya, antara lain mengenai pendapat masyarakat tentang sesajen dalam pernikahan dan makna sesajen dalam sebuah pernikahan. Peneitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis menyusun data dilakukan di lapangan merupakan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan obyek penelitian. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa sesajen dalam pernikahan sudah ada sejak zaman dahulu, dan diwariskan hingga sekarang. Dalam pernikahan sesajen mempunyai makna dan simbol dari sesuatu yang terlihat yang dipersembahkan. Pihak yang membuat sesajen tergantung lokasi diadakannya temu manten. Lokasi temu manten dihitung berdasarkan naga tahun. Isi dari sesajen meliputi beras, kendi dan kendil, jajan nganten, uang receh, wewangian, kupat, lepet, sisir rambut dan kaca, daun opo-opo, daun alang-alang, daun klueh, telur mentah, dan ancak pring(wadah). Kata Kunci : Sesajen, Pernikahan Adat Jawa, Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Filsafat dan Epistemologi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 16:49
Last Modified: 19 Oct 2023 16:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18372

Actions (login required)

View Item View Item