EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS IX SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Silviana, Vina (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS IX SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
UPLOAD SKRIPSI-VINA S-23060190056).pdf

Download (5MB)
[img] Text
UPLOAD SKRIPSI-VINA S-23060190056).pdf

Download (5MB)
[img] Text
UPLOAD SKRIPSI-VINA S-23060190056).pdf

Download (5MB)
[img] Text
UPLOAD SKRIPSI-VINA S-23060190056).pdf

Download (5MB)
[img] Text
UPLOAD SKRIPSI-VINA S-23060190056).pdf

Download (5MB)
[img] Text
UPLOAD SKRIPSI-VINA S-23060190056).pdf

Download (5MB)
[img] Text
UPLOAD SKRIPSI-VINA S-23060190056).pdf

Download (5MB)
[img] Text
UPLOAD SKRIPSI-VINA S-23060190056).pdf

Download (5MB)
[img] Text
UPLOAD SKRIPSI-VINA S-23060190056).pdf

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan penelitian ini memilki tujuan untuk mengetahui efektivitas model project-based learning dengan media infografis terhadap hasil belajar siswa pada materi bioteknologi kelas IX SMP Islam Sudirman Ambarawa tahun pelajaran 2022/2023. Jenis pendekatan kuantitatif menggunakan metode pre-experimental dengan rancangan one-group pretest-posttest study. Seluruh peserta didik kelas IX sebagai populasi. Peneliti mengambil satu kelas yaitu kelas IX.A sebagai sampel dengan teknik purposive sampling berdasar tingkat kognitif peserta didik. Data kognitif peserta didik didapatkan dari hasil belajar Penilaian Tengah Semester (PTS) dari guru IPA. Model project-based learning dengan media infografis sebagai variabel independen dan hasil belajar sebagai variabel dependen. Instrumen tes digunakan dalam pengambilan data berupa soal pilihan ganda yang sudah divalidasi dan diuji validitas, reliabel, kesukaran soal dan daya pembedanya. Nilai pretest-posttest diolah dan dianalisis melalui uji normalitas, uji one sample tes, uji proporsi dan uji n-gain berbantuan Microsoft Exel dan SPSS 24.0. Instrumen non tes terdiri dari angket respon peserta didik dan lembar observasi (LKPD) yang telah diuji keabsahannya melalui validasi ahli. Hasil penelitian di kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata (mean) pretest dan posttest adalah 46,57 dan 80,63. Pada uji proporsi diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 17:29
Last Modified: 19 Oct 2023 17:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18378

Actions (login required)

View Item View Item