POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI DUKUH TLOBONG DESA LANGENHARJO KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO

Hidayah, Azizah Nurul (2023) POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI DUKUH TLOBONG DESA LANGENHARJO KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIX azizah-dikompresi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FIX azizah-dikompresi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FIX azizah-dikompresi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FIX azizah-dikompresi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini, bagaimana cara orang tua mendidik anak sehingga dapat membentuk karakter yang baik di Dukuh Tlobong Desa Langenharjo Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data yang didapat secara langsung menggunakan sumber data primer berupa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi kepada orang tua, anak, orang terdekat, dan sumber data sekunder yang didapatkan berupa jadwal, dokumen, maupun foto. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa, orang tua di dukuh Tlobong menggunakan pola asuh demokratis dengan cara orang tua memberikan contoh, arahan, pengertian dan bimbingan kepada anak sehingga anak dengan sendirinya terbentuk karakter yang baik yang mana anak terlibat dalam diskusi dan komunikasi sehingga anak akan merasa lebih dihargai. Orang tua tidak mengekang anaknya namun anak juga tidak dibebaskan tetap dalam bimbingan dan arahan orang tua, anak akan menjadi lembut jika orang tua tidak menggunakan cara yang kasar sehingga emosi anak lebih stabil. Pola asuh orang tua yang diterapkan di Dukuh Tlobong menghasilkan karakter yang baik seperti karakter religius, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kreatif, gemar membaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 18:06
Last Modified: 19 Oct 2023 18:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18385

Actions (login required)

View Item View Item