PEMBINAAN SIKAP MUHASABAH DIRI DAN SOLIDARITAS SOSIAL PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL HUDA SIDOREJO LOR SALATIGA TAHUN 2023

KHUSNA, SHINTA NURUL (2023) PEMBINAAN SIKAP MUHASABAH DIRI DAN SOLIDARITAS SOSIAL PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL HUDA SIDOREJO LOR SALATIGA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI-SHINTA N-PAI 309.pdf

Download (789kB)

Abstract

Khusna, Shinta Nurul. 2023. Pembinaan Sikap Muhasabah Diri Dan Solidaritas Sosial Pada Santri Di Pondok Pesanteran Roudlotul Huda Sidorejo Lor Salatiga Tahun 2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci : Pembinaan, Sikap Muhasabah Diri, Solidaritas Sosial, Pondok Pesantren Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan sikap muhasabah diri dan solidaritas sosial pada santri di Pondok Pesantren Roudlotul Huda, untuk mengetahui faktor pendukung pembinaan sikap muhasabah diri dan solidaritas sosial pada santri di Pondok Pesantren Roudlotul Huda dan untuk mengetahui faktor penghambat pembinaan sikap muhasabah diri dan solidaritas sosial pada santri di Pondok Pesantren Roudlotul Huda Sidorejo Lor Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah pengasuh, pengurus, dan santri pondok pesantren Roudlotul Huda. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, pemaparan bahan empiris, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, pembinaan sikap muhasabah diri dan solidaritas sosial pada santri di pondok pesantren Roudlotul Huda Sidorejo lor Salatiga melalui metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, pengawasan, hukuman, sholat berjamaah, puasa senin kamis dan qiyamul-lail. Kedua, faktor pendukung dalam pembinaan sikap muhasabah diri dan solidaritas sosial pada santri di pondok pesantren Roudlotul Huda Salatiga yaitu kesadaran diri santri, lingkungan yang mendukung, motivasi, dan kegiatankegiatan maupun peraturan yang ada di pondok pesantren. Ketiga, faktor pendukung dalam pembinaan sikap muhasabah diri dan solidaritas sosial pada santri di pondok pesantren Roudlotul Huda Salatiga yaitu pengaruh handphone dan sosial media, teman sebaya dan pola perilaku santri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 18:27
Last Modified: 19 Oct 2023 18:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18387

Actions (login required)

View Item View Item