EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MATH CITY MAP MATERI KESEBANGUNAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPIT IZZATUL ISLAM GETASAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

muna, Irma sofwatul (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MATH CITY MAP MATERI KESEBANGUNAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPIT IZZATUL ISLAM GETASAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
IRMA SOFWATUL MUNA_23070190048.pdf

Download (4MB)
[img] Text
IRMA SOFWATUL MUNA_23070190048.pdf

Download (4MB)
[img] Text
IRMA SOFWATUL MUNA_23070190048.pdf

Download (4MB)
[img] Text
IRMA SOFWATUL MUNA 23070190048.pdf

Download (4MB)
[img] Text
IRMA SOFWATUL MUNA 23070190048.pdf

Download (4MB)
[img] Text
IRMA SOFWATUL MUNA 23070190048.pdf

Download (4MB)
[img] Text
IRMA SOFWATUL MUNA 23070190048.pdf

Download (4MB)
[img] Text
IRMA SOFWATUL MUNA 23070190048.pdf

Download (4MB)
[img] Text
IRMA SOFWATUL MUNA 23070190048.pdf

Download (4MB)
[img] Text
IRMA SOFWATUL MUNA 23070190048.pdf

Download (4MB)

Abstract

Muna, Irma Sofwatul Muna. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Math City Map Materi Kesebangunan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMPIT Izzatul Islam Getasan Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M. Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Think Pair Share; Kemampuan Pemecahan Masalah; Math City Map Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan dengan Math City Map lebih efektif daripada model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi Kesebangunan siswa kelas VII SMPIT Izzatul Islam Getasan, Kab. Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPIT Izzatul Islam Getasan. Kemudian terpilih sampel yaitu kelas VII A dan VII C dengan cara cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji Independent Sample T Test diperoleh nilai signifikasi 0,004 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan t 3.021 dalam bentuk positif dimana rerata kelompok pertama (kelas eksperimen) lebih besar daripada rerata kelompok kedua (kelas kontrol). Rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Math City Map adalah 73,68, sedangkan rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction adalah 59,11. Dengan demikian, simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Math City Map lebih efektif daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakaan model Direct Instruction.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 18:33
Last Modified: 19 Oct 2023 18:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18389

Actions (login required)

View Item View Item