Haq, Bahaul (2017) PENGARUH STATUS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA PESERTA DIDIK YANG DIAMPU GURU PNS DENGAN HONORER DI SDN GARANGAN KECAMATAN WONOSEGORO. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
1010.pdf Download (972kB) |
Abstract
ABSTRAK Haq, Bahaul, 2017. Pengaruh Status Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam antara Peserta Didik yang Diampu Guru PNS dengan Honorer di SDN Garangan Kecamatan Wonosegoro. Kata Kunci :Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam Pendidikan merupakan faktor utama yang berpengaruh penting untuk perkembangan generasi muda sebagai penerus bangsa, serta pendidikan merupakan usaha untuk menyiapkan siswa yang dapat berperan dalam masyarakat yang akan datang, baik sebagai individu maupun sebagai warga masyarakat, hal tersebut bisa dilakukan melalui pemberian bimbingan, pelatihan dan pengajaran. Proses belajar mengajar merupakan proses terjadinya interaksi antara berbagai komponen, sehingga masing-masing komponen saling pengaruh mempengaruhi. Guru memberikan rangsangan kepada siswa untuk belajar dan siswa merespon dengan sikap, sehingga terjadi timbal balik antar komponen. Keberhasilan pembelajaran merupakan harapan baik oleh institusi pendidikan maupun siswa. Oleh karena itu, keberhasilan pembelajaran selalu diupayakan dan diperjuangkan agar dapat menjadi kenyataan. Namun tidak semua guru menya dari akan tujuan pendidikan nasional tersebut. Berdasarkan pra observasi dilapangan yang penulis lakukan, banyak ditemukan kasus pada guru honorer PAI terkait dengan tugas mereka sebagai pendidik. Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah: Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diampu guru PNS di SDN Garangan kecamatan Wonosegoro tahun pelajaran 2015-2016 dan yang diampu guru honorer di SDN Garangan kecamatan Wonosegoro tahun pelajaran 2016-2017. Serta Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang diampu guru PNS dengan honorer di SDN Garangan kecamatan Wonosegoro.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, yang dianalisis dengan menggunakan statistik untuk menjawab pertanyaan atau hipotesis penelitian yang sifatnya spesifik, dan untuk melakukan prediksi bahwa suatu variabel tertentu memengaruhi variabel yang lain. Hasil penelitian ditemukan bahwa Hasil belajar peserta didik yang diampu guru PNS termasuk dalam kriteria cukup pada interval 78-81 dengan mean 81,3 dengan kriteria 15% memuaskan, 5% baik sekali, 20% baik, 15% cukup dan 45% rendah. Hasil belajar peserta didik yang diampu guru honorer termasuk dalam kriteria baik pada interval 82-85 dengan mean 81,65 dengan kriteria 20% memuaskan, 0% baik sekali, 14% baik, 10% cukup dan 48% rendah. Diperolehhasilbahwat_(hitung )lebihkecildaripadat_tabel pada tarafsignifikansi 5% yaitu0,178 untuk t_(hitung )dan 2,02untukt_tabel. Dan t_(hitung )pada taraf signifikansi 1% lebih kecil dari pada taraf signifikansi 0,178 untuk t_(hitung )dan 2,712 untuk t_tabel. Hal tersebut membuktikan bahwa maka H_0 diterima dan H_a ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar PAI antara peserta didik yang diampu guru PNS dengan guru honorer..
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 02:01 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 02:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1839 |
Actions (login required)
View Item |